Yuk Kenali Penyebab Mata Minus

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : http://www.cara-obat.com/2016/02/tips-mengatasi-mata-minus.html

Mata minus merupakan salah satu jenis penyakit mata yang paling sering diderita oleh masyarakat terutama remaja seperti kita. Padahal memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap manusia, karena dengan mata yang sehat kita dapat leluasa melihat tanpa harus menggunakan alat bantu kacamata atau softlense.
 
Kali ini aku mau sharing tentang apa sajasih penyebab mata bisa menjadi minus menurut beberapa sumber yang aku baca dan menurut pengalaman aku sendiri terutama karena kebetulan aku juga terkena penyakit mata minus ini.
 
1.  Kurang mengonsumsi makanan sehat.
Terkadang kita kurang sadar bahwa makanan sehat yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna selain baik untuk kesehatan tubuh kita, juga baik untuk kesehatan mata kita bahkan sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan – makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur – mayor dan dilengkapi dengan buah – buahan. Mengkonsumsi karbohidrat berlebih selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk ketajaman pada mata.
 
2.  Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat.
Kebiasaann pola hidup yang buruk juga dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata lho, bahkan lebih buruk lagi dapat merusak mata. Karena kebiasaan pola hidup tidak sehat dapat membuat mata menjadi lelah dan bahkan mata menjadi terbiasa melakukan pekerjaan melihat dengan tidak sesuai dengan kapasitas otot mata kita. Contoh kebiasaan buruk itu antara lain : membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
 
 3. Sering berada di lingkungan yang kurang sehat.
Lingkungan yang kurang sehat tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata.
 
4. Banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak.
Ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita. 
 
5. Kurangnya mendapat sinar matahari.
Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membantu menyehatkan mata terutama sinar matahari pagi. Oleh karena itu disarankan agar senantiasa berolahraga pagi selain menyehatkan tubuh juga dapat membantu menyehatkan mata karena terkena sinar matahari pagi.
 
6. Terlalu sering menatap pada layar televisi maupun komputer.
Ini adalah penyebab yang paling umum dan sering dilakukan oleh masyarakat terutama kita sebagai remaja. Melihat dihadapan televisi atau komputer merupakan hal yang sangat sering dilakukan. Tanpa kita sadari keduanya memiliki sinar radiasi tinggi yang dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut. Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, akibatnya mata menjadi cepat minus.
 
Nah itulah beberapa penyebab mata minus yang bisa aku sharing. Yuk mari jaga mata sebelum terkena minus, karena memakai alat bantu melihat itu tidak enak loh. Apalagi memakai kacamata, yang lama kelamaan bisa membuat batang hidung kita lelah karena berat. Bahkan akan sangat ribet ketika kita membawa kendaraan roda dua karena harus memakai helm dan juga ditambah kacamata, sehingga tidak jarang menimbulkan rasa sakit di bagian yang terjepit oleh pegangan kacamata.
 
 
Source : http://www.cara-obat.com/2016/02/tips-mengatasi-mata-minus.html
Kiriman Lainnya