“YUK KENALI HAK-HAK ANAK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)”

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : https://www.instagram.com/pepahahihuheho/

Tidak jauh berbeda dari "Yuk Kenali Hak-Hak Anak" pada tingkat SD. Pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) 29 Juni 2016 di tempat yang sama ini, kami juga menyuguhkan kegiatan dengan materi berkaitan dengan 4 Hak Dasar Anak dan di fokuskan pada bagaimana cara untuk mencegah kekerasan terhadap anak seusia mereka.

Tak lupa, sebelum kegiatan ini dimulai terlebih dahulu kami membuat sesi perkenalan melalui game edukasi agar hubungan dari peserta sesama peserta, dan peserta dengan panitia, lebih harmonis dan kegiatan pun dapat lebih berjalan dengan lancar. Kemudian, setelah perkenalan kami masuk pada sesi materi. Materi yang kami berikan pun, disesuaikan dengan usia mereka dan diselingi dengan ice breaking yang menyenangkan agar materi yang diberikan dapat lebih cepat tersampaikan dan lebih mudah dipahami.

Setelah itu, kami mengejak seluruh peserta untuk berbahagia bersama dengan menyuguhkan beberapa permainan tradisional dengan tujuan untuk lebih melestarikan budaya yang sudah mulai dilupakan yang diantaranya adalah bermain cakbur, patok lele, dan omaria.

Pada kesempatan ini, kami juga mencoba untuk mengaplikasikan hak anak tentang partisipasi. Dimana, pada saat itu kami memberi kebebasan kepada mereka, untuk menentukan game selanjutnya apa yang ingin dipakai. Mereka yang sudah dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok putra dan kelompok putri, akhirnya mendiskusikan tentang game-game menarik yang akan digunakan. Dari hasil diskusi mereka, maka kami mendapatkan 2 game yang dirasa benar-benar menarik dan menimbulkan tawa gembira dari peserta maupun panitia. 2 game yang sudah disepakati itu adalah tebak gambar dan benar salah. Kami menghabiskan waktu yang tersisa dengan bermain 2 game tersebut.

Tidak terasa, waktu ternyata cepat berlalu. Kegiatan yang kami jadwalkan ini pada mulanya berakhir pukul 12.00 WIB. Namun, dengan keaktifan peserta, dengan kegembiraan dan kebahagiaan yang mereka punya, peserta meminta kepada kami untuk menambah jam agar kegiatan ini dapat berlangsung lebih panjang lagi. Dengan segala pertimbangan, akhirnya kami menyetujuinya. Hingga pada akhirnya, kegiatan ini selesai pada pukul 16.00  WIB. Dan pada endingnya, sama dengan YKH2A tingkat SD, kami membuat semacam kampanye stop kekerasan pada anak. Cukup melelahkan, namun ini lah bukti bahwa bahagia itu sebenarnya sangat sederhana.
 
Source : https://www.instagram.com/pepahahihuheho/
Kiriman Lainnya