YUK!! INTIP KESERUAN JAMBORE ANAK JOMBANG 2017

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Jombang

Jambore Anak Jombang 2017 merupakan program tahunan dari Dinas PPPA Kabupaten Jombang dan Forum Anak Jombang diberi amanah untuk menjadi panitia penyelenggara. Jambore Anak Jombang 2017 dilaksanakan pada tanggal 3-4 Mei 2017 di WTC (Wonosalam Training Center) Kabupaten Jombang. WTC merupakan tempat andalan diselenggarakannya Jambore Anak Jombang. Mengapa demikian? Karena Jambore Anak sudah 7 Kali dilaksanakan di WTC dan Forum Anak Jombang sendiri terbentuk pada saat Jambore Anak Jombang pertama kali yaitu pada tahun 2010 di tempat yang sama, ya di WTC!.

Jambore tahun ini mengambil tema “Mencetak Generasi Emas Untuk Masa Depan Anak Jombang Yang Cerah”. Kegiatan ini dihadiri oleh 200 anak. Bukan hanya anak sekolah yang merupakan wakil dari sekolah – sekolah di Jombang ,kami juga mengundang teman teman kami yang sangat special untuk ikut bersenang senang di Jambore yaitu anak difabel, anak berhadapan dengan hukum (ABH), dan anak binaan p2tp2a. Ada yang menarik di Jambore anak Jombang 2017 ini, kami turut mengundang teman teman Forum Anak Kabupaten lain disekitar Jombang dengan tujuan untuk menyambung silaturahmi dan bisa bertukar pikir bersama. Ada 7 Kabupaten yang hadir yaitu kabupaten Sidoarjo, Surabaya, Malang, Tulungagung, Mojokerto, Nganjuk, dan kota Kediri.
               
Acara dibuka oleh Bapak Purwanto yang merupakan asisten Bupati Kabupaten Jombang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Bapak Bupati menitipkan salam dan pesan kepada anak-anak Jombang untuk terus semangat dalam berkarya dan belajar. Tak lupa Bapak Bupati juga meminta maaf yang sebesar-besarnya karena beliau tidak bisa hadir untuk membuka acara dan bertemu dengan kami diacara jambore. Tak lupa kami menyanyikan lagu mars Jambore, mars Forum Anak Jombang dan lagu aku anak Indonesia.
              
Setelah prosesi pembukaan, acara sepenuhnya diserahkan kepada panitia (Forum Anak Jombang). Peserta dibagi menjadi 14 kelompok dengan 2 pendamping dari Forum Anak Jombang. Semua peserta membaur, tidak ada lagi diskriminasi diantara mereka. Mereka juga sudah berkenalan satu sama lain dan mempunyai visi yang sama untuk mengikuti acara Jambore ini dengan suka cita. Siang hari nya ada sesi materi dari narasumber. Para Narasumber menyampaikan materi dengan asyik dan sangat seru. Ditengah tengah sesi diselingi dengan games agar para peserta tidak mudah bosan dan jenuh. Para peserta sangat antusias bertanya dan berdialog lagsung dengan narasumber. Setelah sesi dengan narasumber, tiap tiap kelompok mendiskusikan isu isu anak yang terjadi di Kabupaten Jombang untuk selanjutnya menjadi bahan kita untuk menyusun deklarasi anak Jombang tahun ini . Malam harinya, diadakan pentas seni. Masing masing kelompok harus menampilkan karya terbaiknya. Ada yang menyanyi, bermain drama, membacakan puisi, bahkan stand up comedy. Ada penampilan special dari teman kita, Dani. Dani merupakan anak penyandang tunanetra. Dani sukses membawakan lagu “jangan menyerah” diiringi oleh gitarnya. Penampilan ini sukses membuat kita terharu. Selain itu, ada juga penampilan pantomim dari teman teman difabel lainnya. Kalian hebat luar biasa!!
               
Setelah berakhirnya pensi, masih ada kegiatan inti yaitu kegiatan menyusun deklarasi anak Jombang. Setiap kelompok diwakili oleh satu orang dan ikut serta berdiskusi bersama Forum Anak Jombang dan dibantu oleh kakak-kakak fasilitator Forum Anak Jombang. Deklarasi  ini yang nantinya akan dibacakan di depan Bapak Bupati dan pimpinan SKPD dalam Musrenbang.
               
Keesokan harinya, ada kegiatan senam dan outbond bersama. Ini merupakan hari terakhir kita di Jambore Anak. Ada berbagai macam games yang sangat seru yang dimainkan secara berkelompok. Di akhir acara, kami mengapresiasi mereka dengan memberi penghargaan kepada masing masing kelompok. Dengan demikian berakhir sudah keseruan Jambore Anak Jombang tahun ini yang ditandai dengan prosesi penutupan oleh bapak kepala Dinas PPPA. Tak lupa, Deklarasi Anak Jombang yang sudah disusun bersama sama diserahkan kepada Bapak Kepala Dinas. Meskipun acara sudah berakhir, tetapi pertemanan kita tidak akan putus. Kami memutuskan untuk membuat grup media social agar tetap bisa berkomunikasi dengan para peserta. Sampai jumpa di Jambore Anak Jombang 2018!
 
Source : Forum Anak Jombang
Kiriman Lainnya