Wujudkan Kebersamaan dengan Anak LAPAS - FORUM ANAK JOMBANG

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Sudah banyakkah anak usia dini yang terjerat hukum? Ya memang. Baik di kota-kota kecil maupun besar usia anak-anak sudah merasakan hidup di penjara selama berbulan-bulan bahkan tahun. Kasus hukum tersebut bisa seperti narkoba, pelecehan seksual, pencurian dan lain sebagainya. Hal itu dapat terjadi karena apa? Kurangnya sosialisasi, faktor dari pergaulan bahkan orang tua sendiri.

Anak yang sudah berhadapan dengan hukum juga sifatnya dan perilakunya pasti berubah, ada yang membaik ada pula yang malah bersifat agresif bahkan cenderung lebih suka murung sendiri. Tidak semua anak di dunia ini sama dan jika berubahpun sama semua.

Makadari itu, kami dari Forum Anak Jombang (FAJ) melihat keadaan anak yang mulai memprihatinkan itu, mengadakan kunjungan ke anak LAPAS di Kabupaten Jombang. Tepatnya di JL. KH. Wachid Hasyim, No.155, Jombang. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 November 2015. Dari FAJ yang ikut sekitar 20 anak dan dari anak lapasnya 17 anak yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Sebelum kita menuju lapas, berkumpul di Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB)Kabupaten Jombang. Dan sebelumnya kita juga sudah merencanakan apa saja yang akan kita lakukan disana. Lalu, kami berangkat menuju lapas dan sesampainya disana kami harus antri terlebih dahulu lalu disambut hangat oleh pihak lapas. Ada hal yang harus banyak diperhatikan, kita harus memakai id card kunjungan terlebih dahulu dan juga alat elektronik baik HP ataupun kamera wajib dimatikan. Sangat ketat bukan? Namun, jangan salah kira kalau keadaan di lapas ini menakutkan dan merupakan sesuatu yang buruk. Banyak sekali binaan binaan anak lapas yang ceria dengan kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan kita tahu seperti itu, Forum Anak Jombang langsung menuju ke tempat anak anak lapas berkumpul di suatu aula besar. Acara pertama adalah sambutan dari pihak lapas itu sendiri kemudian dilanjut dari Forum Anak Jombang. Setelah itu, kegiatan non formal dari Forum Anak Jombang sendiri yaitu pertama kita sharing bersama mereka. Kita berkenalan satu sama lain, saling cerita baik pengalaman maupun kegiatan yang dilakukannya. Bahwasannya, mereka memang cukup sedih dan merasa hidup tidak enak di lapas tetapi karena binaan di lapas sangat menyenangkan, mereka menjadi cukup nyaman guna memperbaiki dirinya sendiri. Dan kita selalu mensuport mereka juga agar tidak patah semangat. Dari situ kita juga menjadi tahu kalau anak yang berhadapan dengan hukum jangan dipandang sampah masyarakat tetapi mereka juga mempunyai motivasi yang baik untuk berubah.

Setelah itu, kami adakan games juga yang bisa menghibur mereka. Mereka juga perlu ada rasa kebersamaan dengan kami melalui games yang sudah kami siapkan ini. Bukan hanya itu, kami juga bermain tebak-tebakan yang bisa menguji daya pikir kami dan mereka juga. Terlihat sekali senyuman dan canda tawa kesenangan mereka bersama kami. Selain itu, kami juga adakan kuis kecil-kecilan dengan berbagai pertanyaan baik seputar Jombang maupun Indonesia. Mereka sangat senang dan menerima kami dengan sangat baik.

Hingga dhuhurpun tiba, kami Forum Anak Jombang mengakhiri kegaiatan kunjungan kami. Banyak hikmah dan manfaat yang kita peroleh dan pastinya pengalaman tersendiri bagi anak lapas serta Forum Anak Jombang. Sebelum kami pulang, kami beserta anak lapas dan pihak lainnya mengabadikan dalam foto bersama. Menjadi kenangan indah bagi semuanya.

Jadi, kegiatan ini sangat berdampak baik bagi anak lapas itu sendiri dan kita juga. Dengan kedatangan kami yang bisa mensuport mereka agar tetap percaya diri, tidak merasa bahwa dirinya adalah sampah masyarakat, dan tidak mudah patah semangat dalam menjalani hidup meskipun dengan keadaan yang tidak begitu baik. Kita juga bisa menambah pengalaman bersama mereka. Dan untuk semuanya, anak berhadapan dengan hukum juga mempunyai hak sama seperti kita, tidak ada yang beda dengan kita. Saling mendukung dan menjalin kebersamaan guna menjadikan lebih baik. Semua akan kembali jika kita berusaha dan tetap berdoa pada Yang Kuasa.
 
Source :
Kiriman Lainnya