• 13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
VGA Card atau Video Graphics Adapter adalah salah satu komponen yang berada di dalam komputer. Banyak orang yang beranggapan VGA memiliki sifat yang penting tidak penting. Terdapat beberapa komputer yang menjadikan VGA onboard di sistemnya, ada pula komputer yang menggunakan VGA terpisah di sistemnya. Oleh sebab itu penggunaan VGA di komputer atau pun di dalam laptop tidak menjadi hal yang mutlak serta wajib ada karena beberapa user dapat menggunakan fitur dari komputer tanpa adanya VGA yang berkapasitas tinggi ini. VGA laptop maupun komputer juga mudah di temukan, bahkan Anda bisa membeli VGA di situs jual beli online terpercaya.
 
Bukan seperti RAM dan komponen lain yang memiliki peran begitu vital dan penting untuk pemrosesan informasi dalam sebuah sistem komputer. Penggunaan dari VGA ini lebih banyak mengarah pada keperluan yang berkaitan dengan grafis seperti gaming, 3D dan berbagai macam keperluan lainnya yang memiliki hubungan dengan 3D. Di dunia komputer VGA termasuk dalam teknologi baru karena jika dilihat dari waktu penciptaannya, VGA dipasarkan secara komersil kurang lebih terpaut 30 tahun. Komputer sudah mulai di kembangkan di era 40 hingga 50 dan VGA dijual secara komersil tahun 80an.
 
Pengembangan VGA Card mulai berkembang dengan sangat pesat, lebih-lebih saat booming kebutuhan 3D serta kebutuhan grafik dari user serta pengguna komputer yang akhirnya muncul banyak generasi dari VGA. Fungsi utama dari VGA di monitor adalah sebagai pembantu pengubah sinyal digital yang dihasilkan komputer menjadi sebuah tampilan layar grafik pada monitor. Oleh sebab itu beberapa komputer yang tidak mempunyai VGA atau mempunyai VGA dengan kualitas seadanya, tampilan layar menjadi kurang menarik. selain berguna sebagai transmisi sinyal digital, VGA juga memiliki fungsi lebih baik lagi.
 
Beberapa fungsi dari VGA ini seperti bisa membantu membuat desain grafis, grafik saat bermain game menjadi semakin baik, tampilan layar komputer Anda akan berubah menjadi lebih tajam dan jernih, bisa mengkoneksikan laptop ke layar TV dengan mempergunakan HDMI, cocok untuk user yang gemar menonton film dengan mendetail.
 
Terdapat 2 jenis VGA ini, antara lain:
 
  1. VGA on board. VGA ini adalah jenis VGA yang sering kita temukan di komputer atau pun laptop yang memiliki spesifikasi standar. VGA ini tidak diperuntukkan untuk penggunaan desain grafis dan gaming. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, VGA on board adalah jenis VGA yang menyatu pada motherboard. VGA on board juga lebih banyak digunakan di fitur standar atau software sehingga komputer yang memiliki VGA on board ini tidak begitu unggul dalam segi grafis,
  2. VGA bukan on board. VGA ini adalah jenis kartu yang dapat dipasang di sebuah komputer. Jenis VGA ini terpisah dan bukan jenis on board. VGA ini menjadi pilihan yang baik ketika Anda ingin tampilan grafis yang sangat sempurna, VGA ini banyak tersedia di pasaran dengan kualitas begitu baik.
 
Jika Anda ingin membeli VGA Card di toko online, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Anda harus menyesuaikan VGA dengan slot motherboard milik komputer Anda, selain itu Anda harus mengecek kesesuaian beban maksimal listrik, karena jika semakin besar spesifikasi komputer Anda, daya listrik yang diperlukan akan menjadi semakin tinggi. jangan lupa untuk menyesuaikan VGA yang akan Anda beli dengan power supply yang dipergunakan pada komputer.
Sumber Gambar : bukalapak.com
Kiriman lainnya
Kiriman Benyamin Manafe