Oleh : AS Ageng
Kategori : Tips dan Trik

Hai sahabat gimana kabarnya? Semoga sehat terus ya. O ya udah lama aku nggak update tulisan jadi kali ini aku coba sempatin nulis khususnya buat temen-temen yang udah kelas 12.

Salah satu hal yang membuat anak kelas 12 stres adalah pertanyaan “ mau kuliah di mana ?”  atau “ setelah lulus mau ngapain?” iya kan?. Nah aku juga pernah merasakan kebingungan itu apakah mesti lanjut kuliah atau nggak trus kalo lanjut kuliah mesti lanjut kuliah kemana?. Nah aku akan ngasih teman-teman sedikit gambaran mengenai “dunia setelah SMA” berdasarkan apa yang aku rasakan dan amati.

Kamu bakal libur yang cukup panjang
Libur panjang setelah Ujian Nasional memang menjadi salah satu hal yangs sangat ditunggu tidak lain karena ingin istirahat dari penatnya belajar untuk Ujian Nasional. Nah hampir setiap pelajar memiliki cara yang berbeda dalam mengisi liburan tersebut diantaranya.
  1. Bagi yang sudah lulus di PTN atau PTS baik jalur SNMPTN, Beasiswa maupun mandiri,
Biasanya mereka menikmati libur dengan traveling, ikut event dan jalan-jalan. Dan mereka inilah orang-orang yang benar-benar merasakan arti libur sesungguhnya. Untuk golongan ini aku saranin untuk coba cari event-event yang bisa menunjang skill kalian terlebih dibidan yang sesuai dengan jurusan kalian, karena ini akan snagat membantu ketika kalian sudah menjalani perkuliahan nanti.
  1. Bagi yang memutuskan untuk bekerja, golongan ini biasanya langsung mencari lowongan pekerjaan di perusahaan yang menerima lulusan SMA sederajat. Mungkin banyak yang bertanya “ emang tamatan SMA bisa apa?” , “emang gajinya berapa?” atau , “ kan sayang masih bisa lanjut kuliah”. guys, nggak semua temen kita punya biaya buat kuliah so jangan pandang rendah teman-teman kalian yang memutuskan untu langsung bekerja dan untuk posisi itu tergantung open reqcrutmentnya dari perusahaan, ada yang jadi mandor lapangan dengan gaji awal biasanya diatas 2 juta atau jika beruntung teman-teman bisa masuk kebagian administrasi dengan gaji di atas 3 juta , tergantung skill yang teman—teman punya. So langsung kerja juga bukan keputusan yang buruk. Saranku untuk golongan ini, buatlah rencana hidup yang jelas, jika ingin terus bekerja di perusahaan bekerjalah dengan gigih, jujur dan ikhlas karena tidak sedikit perusahaan yang memberika kesempatan kariyawan yang akan naik pangkat untuk berkuliah dan tentu ini akan meningkatkan penghasilanmu. Atau bagi kamu yang berencana mengumpulkan modal untuk berwirausaha, jangan udah terpengaruh teman yang hedon, sisihkanlah gaji bulanan secara rutin, berhemat dan jangan mudah patah semangat karena banyak pengusaha sukses berawal dari orang seperti kamu.
  2. Bagi pejuang Ikatan Dinas, SBMPTN atau Ujian Tulis Mandiri, mereka ini biasanya mengisi liuran dengan belajar, cari info mengenai PTN atau PTS yang dituju bahkan ada yang ikut bimbel full selama libuuran sampai menjelang SBMPTN. Memang terdengar melelahan, seperti sangat tidak menikmati libur, namun teman-teman harus tau mayoritas dari mereka bisa mewujudkan berkuliah di tempat impian mereka atau paling tidak nyasar di PT impian orang lain (wkwkwk). Yang jelas dengan beajar kemungkinan lolos bakal lebih besar . pesanku untuk golongan ini, jangan ngeluh guys, dua setengah bulan nggak lama kok dan setelah lulus kalian akan merasakan nikmatnya kuliah di PT impian.
  3. Dan golongan terakhir adalah mereka yang masih bingung akan lanjut kuliah atau tidak, bingung milih tempat kuliah, bingung milih jurusan atau sudah dilamar orang (wkwwk). Biasanya golongan ini liburannya gabut dan gelabakan menjelang SBMPTN dan akhirnya masuk PTS karena kepepet dan belum sanggup kerja. Dan pesanku untuk kalian yang masih bingung, coba sesekali ngobrol dengan orang tua, minta maaf jika ada salah kemudian tanyakan kepada mereka ,” mama/ papa ingin aku jadi apa?” apapun yang mereka inginkan cobalah untuk menerima meskipun agak bertolak belakang dengan kepribadian kalian dan jika kalian membutuhkan fasilitas untuk mencapain keinginan orang tua kkalian cobalah berdiskusi degan mereka untuk memberikan solusinya. Ketahuilah keikhlasan orang tua adalah sumber semangat terbesar, bisa jadi kebigungan teman-teman disebabkan kurangnya keikhlasan orang tua kita atau guru-guru kita, maka dari itu mulailah untukmeminta keikhlasan mereka. Semangat!.
 
Nah kalian termasuk golongan yang mana? Atau masih bingung? (heehe), jangan sampai tidak punya pilihan dan  menyusahkan orang lain ya. Manfaatkan waktu yang tersisa dan wujudkan tempat impianmu. Semoga tulisan ini bermanfaat buat sahabat semua , jangan lupa untuk di share ke teman-teman lainnya.
Terimakasih, tunggu tulisan selanjutnya ya.  
 

SHARE!

AS Ageng Terverifikasi

"Graphic Desainer, Photographer, Film maker dan Programmer."

Follow


2 Mading


Tips Menghilangkan Stress

Kategori : Tips dan Trik

Tips Persiapan Ujian

Kategori : Tips dan Trik

Cara Blokir Konten Pornografi di Google

Kategori : Tips dan Trik

Cara Menjadi Orang Pintar

Kategori : Tips dan Trik