Untuk Anak, Kami Peduli

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Aksi yang dilakukan oleh Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah untuk anak-anak di Sulawesi Tengah tidak terbatas pada kegiatan-kegiatan saja. Ada juga penggalangan dana yang dilakukan sebagai bentuk nyata bahwa Forum Anak Sulawesi Tengah memegang peran penting dalam kesejahteraan anak-anak di Sulawesi Tengah.
Penggalangan dana yang dilakukan adalah dengan cara menggalang dana di sekolah-sekolah sampai berjualan kue yang hasilnya didonasikan untuk anak-anak yang membutuhkan dan kemudian memberikan pada anak-anak tersebut secara langsung, dengan cara silaturahmi yang membuat Forum Anak Sulawesi Tengah menjalin hubungan dengan orangtua dari anak-anak tersebut. Penggalangan dana ini juga menjadi perwujudan rasa empati Forum Anak Sulawesi Tengah terhadap anak-anak yang membutuhkan.

Saat Palolo diterjang banjir di tahun 2016, Forum Anak Sulawesi Tengah beramai-ramai menggalang dana di masing-masing sekolah. Forum Anak Sulawesi Tengah mengajak anak-anak sekolah untuk turut berpartisipasi dalam bahu-membahu membantu anak-anak yang menjadi korban banjir di Palolo. Penggalangan dana dilangsungkan selama tiga hari dan beberapa perwakilan Forum Anak Sulawesi Tengah datang langsung mengunjungi Palolo. Tidak hanya pada di daerah sendiri, Forum Anak juga menggalang dana untuk anak-anak korban peperangan di Aleppo, Suriah. Cara penggalangan dana yang dilakukan sama seperti aksi Peduli Palolo.
Tidak hanya turut berkontribusi dalam aksi untuk beberapa daerah, Forum Anak Sulawesi Tengah juga menunjukkan kepeduliannya pada anak-anak penderita tumor dan kanker di Sulawesi Tengah. Hal ini menunjukkan keterikatan yang kuat antara Forum Anak dan juga anak-anak di Sulawesi Tengah itu sendiri.
Salah satunya yaitu aksi Peduli Adik Ainun yang kala itu tengah berjuang melawan kanker leukemia yang telah diidapnya selama kurang lebih dua tahun. Saat itu, Forum Anak Sulawesi Tengah mendengar kabar bahwa keluarga Ainun mulai mengalami kesulitan dalam biaya terapi dan kemoterapi. Setelah menjalani 54 kemoterapi, masih ada 8 jadwal kemoterapi lagi yang wajib dijalani sesuai dengan protokol kemoterapi.

Ainun yang ceria dan menempatkan minatnya pada pelajaran bahasa inggris di sekolahnya, masih duduk dibangku kelas 5 SDN Inpres 6 Palu. Forum Anak pun menggalakkan aksi Peduli Adik Ainun. Aksi peduli ini dilakukan di sekolah-sekolah, Anjungan Nusantara dan juga Lapangan Walikota yang dimana di akhir pekan banyak dikunjungi warga kota palu untuk sekedar bersantai atau berolahraga.
Setelah donasi terkumpul, Forum Anak Sulawesi Tengah beramai-ramai datang berkunjung ke kediaman Adik Ainun di salah satu sudut kota Palu. Saat itu Ainun dengan raut wajah ceria, asyik berkomunikasi dengan para pengurus Forum Anak Sulawesi Tengah meski harus tetap duduk dengan kursi roda karena kakinya tak lagi bisa menopang tubuhnya.

Ada juga Aksi Peduli Adik Ahad, seorang anak usia 1 tahun 2 bulan dengan nama lengkap Abdul Ahad yang menderita tumor disekitar bagian leher dan dagu yang berdasarkan diagnose merupakan Rhabdomyoma, yakni tumor jinak yang berasal dari otot lurik. Keluarga adik Ahad yang tidak mampu membiayai pengobatan adik Ahad, merupakan salah satu hal yang membangkitkan rasa empati kami untuk membantu.

Forum Anak Sulawesi Tengah pun menggalang dana untuk adik Ahad dengan mengajak Forum Anak lain yang ada di sekitar tempat tinggal adik Ahad seperti Forum Anak Kota Palu dan Forum Anak Kab. Sigi. Bersama bahu membahu membantu adik Ahad agar bisa seperti anak normal lainnya lagi, tertawa riang dan menikmati masa kecilnya yang harus bahagia. Karena itu adalah hak setiap manusia terlebih lagi anak-anak. Sebuah kehadiran atas keikhlasan dari Forum Anak Sulawesi Tengah, membuat apa yang telah kami lakukan tersebut, menjadi kontribusi tersendiri terhadap anak-anak yang membutuhkan. 

"Sesuai motto kami : Dari Anak, Untuk Anak, Demi Masa Depan Anak."

Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya