• 13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir, jadi otomatis sebentar lagi bakal ketemu tahun baru yaitu tahun 2018. Ngomongin masalah tahun baru, siswa-siswi kelas XII apa kabar? Sampai dimana sudah persiapanmu menghadapi segala ujian yang waktunya bentar lagi akan tiba. Apakah sudah sampai 100%, 80%, 50%, atau masih 30%?, Ngomongin masalah persiapan ujian aku mau cerita pengalaman yang aku alami diawal-awal tahun 2017, dan juga mau bagi tips ke kalian semua. Berada dikelas XII itu pada dasarnya sangat menyenangkan sekali. Namun terkadang juga jenuh karena tugas yang semakin banyak. Suka duka pasti dirasain.

Tahun lalu tepatnya bulan juli, ketika awal masuk kelas XII aku udah izin gak masuk sekolah selama tujuh hari, karena ada kegiatan diluar kota yaitu menghadiri Forum Anak Nasional. Setelah aku balik dari kegiatan tersebut, aku sedikit tertinggal pembelajaran. Berselang dua bulan, tepatnya oktober aku izin lagi gak masuk sekolah selama tujuh hari, karena mengikuti  bootcamp Duta Internet CAKAP di Bekasi. Tidak sampai dua minggu setelah balik dari Bekasi, aku ditugaskan untuk menghadiri rapat koordinasi forum anak provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya selama empat hari.

Jadi, didalam satu semester aku ada 18 kali absen, tidak berhadir. Lalu, apa kabar tugas? sampai bab mana materi yang sudah dibahas? Jujur pada masa itu, aku ngalamin yang namanya ketinggalan pelajaran yang cukup banyak. Tidak hanya itu saja, tugas juga numpuk. Aku hanya berpikir, semua telah berproses dan nikmati cerita yang telah terjadi. Dua bulan setelah itu ulangan akhir semester. Setelah ulangan akhir semester pastikan ada libur. Setelah libur, masuk dan mulai semester baru. Dimana semester ini ada yang namanya ujian praktek, ujian kompetensi kejuruan, ujian sekolah, dan ujian nasioanal.

Untuk ngelewatin empat hal tersebut tentunya harus ada persiapan salah satunya dengan belajar tambahan yang diberikan oleh dewan guru. Namun, bagi siswa sangat menyita waktu. Akan tetapi inilah pendidikan. Dimana ada bahagia, jenuh, kesal karena waktu yang terpakai. Namun itulah yang positifnya dari yang gue jalanin.

Untuk ngatasi jenuh dan kesal karena banyak tugas, dan waktu tersita aku dulu sering ngelakuin beberapa hal ini:
-Pelajaran tambahan jangan dijadikan beban.
-Belajar tidak harus sistem kebut semalam
-Belajar juga bisa sambil liburan
-Sering kerja kelompok, sering latihan soal.
-Kalau gak paham tanya jangan diam (beranikan diri untuk bertanya)

Dan jangan lupa optimis pada prioritas yang ingin dicapai, selalu berdoa. Dan yakinlah hasil tak akan menghianati proses. Yang dikerjakan sekarang, jika tiba saatnya akan dipetik hasilnya. Belajar tidak harus menunggu esok hari, persiapkan diri dari sekarang, berani bermimpi.
 
Sumber Gambar :
Kiriman lainnya
Kiriman senasn