Temu Anak Pringsewu 2017: Jadikan Forum Anak Pringsewu Sebagai Pelopor dan Pelapor dalam Mewujudkan Anak Pringsewu Bebas Rokok

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Pringsewu

Temu Anak Pringsewu merupakan kegiatan tahunan Forum Anak Pringsewu dalam rangka perekrutan anggota baru Forum Anak Pringsewu (FORMAP). Peserta Temu Anak Pringsewu adalah anak-anak dari seluruh SMP dan SMA yang ada di kabupaten Pringsewu yang sudah lolos dua tahap seleksi yang akan dilantik menjadi pengurus Forum Anak Pringsewu periode 2017-2018. Pada acara ini, calon pengurus Forum Anak Pringsewu melakukan kegiatan-kegiatan yang semakin menambah wawasan mereka tentang kasus-kasus anak, sehingga mereka nantinya bisa menjadi pengurus FORMAP yang peduli anak dan siap menjadi pelopor dan pelapor dalam rangka menangani berbagai kasus tentang anak. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam acara Temu Anak Pringsewu yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Mei 2017 ini yaitu penyampaian materi bertemakan ‘Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor dalam Mewujudkan Anak Bebas Rokok’ yang disampaikan oleh Kak Obbie Purnama Ajie.

ateri ini sangat penting diberikan kepada calon pengurus Forum Anak Pringsewu karena rokok memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya untuk anak-anak. Rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari penyakit jangka pendek, sampai jangka panjang yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh, bahkan mematikan seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), asma, kanker paru-paru, dan lain-lain. Di Pringsewu sendiri, melihat anak-anak khususnya remaja yang merokok sudah bukan hal yang asing lagi. Hal itu tentu saja sangat memprihatinkan mengingat anak adalah calon generasi penerus yang dibutuhkan kinerjanya bagi daerahnya. Kalau mereka sudah terkontaminasi oleh rokok, mereka pasti akan menjadi generasi yang rusak baik dari segi moral maupun pendidikannya.

Oleh sebab itu, diperlukan pelopor dan pelapor yang dapat menyadarkan anak-anak khususnya di daerah Pringsewu untuk menjauhi rokok dan tidak pernah memiliki niat untu k mencoba rokok, dan bagi yang sudah terlanjur merokok agar bisa berhenti merokok sesegera mungkin.

Dengan adanya penyampaian materi ini di Temu Anak Pringsewu 2017, diharapkan calon pengurus Forum Anak Pringsewu bisa menjadi pelopor dan pelapor dalam mengurangi jumlah anak Pringsewu yang merokok, serta mewujudkan anak Pringsewu bebas rokok. Selain penyampaian materi tentang bahaya rokok, acara yang dilaksanakan di Hotel Bukit Sarinongko ini juga ada penyampaian materi tentang ‘Kenakalan Remaja’ oleh Ibu Siska dari Kapolres Pringsewu, penyampaian materi tentang ‘Peran Lembaga Perlindungan Anak’ oleh Kak Amelia Ananda, diskusi tentang kasus-kasus anak, penyusunan suara anak, dan berbagai kegiatan seru lainnya yang bermanfaat bagi peserta Temu Anak Pringsewu untuk menumbuhkan jiwa pelopor dan pelapor mereka.
Source : Forum Anak Pringsewu
Kiriman Lainnya