Tebar Kebagiaan Pasca Banjir Sambelia (Forum Anak Lombok Timur)

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Lombok Timur

Halo Anak Indonesia!
Salam kenal leman kanak Sasak!

14/02/2017 -- Forum Anak Lombok Timur bekerja sama dengan East Lombok Youth Center yang terdiri dari beberapa organisasi pemuda di Lombok Timur melakukan penggalangan dana untuk mengumpulkan donasi bagi korban bencana alam banjir bandang di Desa Sambelia yang merupakan salah satu wilayah Kabupaten Lombok Timur. Penggalangan dana ini dilakukan pada tanggal 12 Februari 2017 di sepanjang Pantai Labuhan Haji dengan memanfaatkan keramaian orang-orang yang menikmati suasana pantai dan indahnya sang fajar. Anggota Forum Anak Lombok Timur dan East Lombok Youth Center semuanya hadir untuk membantu penggalangan dana tersebut.

Rasa peduli para warga dan wisatawan sangat tinggi, ini ditandai dengan rasa antusias warga  dalam menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir bandang. Rasa peduli yang sangat tinggi tersebut membuat kegiatan ini lancar hingga mendapatkan sumbangan sebesar Rp. 1.271.000, 00. Setelah penggalangan berakhir, para anggota Forum Anak Lombok Timur dan East Lombok Youth Center berkumpul di salah satu rumah anggota Forum Anak Lombok Timur dan berdiskusi tentang survey yang merupakan kegiatan selanjutnya. Hasil diskusi tersebut adalah survey dilakukan di siang hari setelah isoma (istirahat, shalat, dan makan) oleh beberapa anggota Forum Anak Lombok Timur khususnya laki-laki. Hasil survey menunjukkan bahwa bencana tersebut terjadi karena curah hujan yang tinggi dan arus air sungai yang deras mengakibatkan terputusnya jembatan-jembatan penghubung di Desa Sambelia.

Selain bekerja sama dengan ELYC (East Lombok Youth Center), Forum Anak Lombok Timur bekerja sama dengan OSIS di beberapa sekolah yang merupakan anggota dari Forum Anak Lombok Timur itusendiri. Setelah itu Forum Anak Lombok Timur mempersiapkan barang-barang seperti sembako yang akan dibawa ke lokasi bencana. 

14 Februari 2017, Forum Anak Lombok Timur beserta East Lombok Youth Center berkumpul di salah satu rumah yang disepakati. Setelah semua sudah berkumpul, para anggota berangkat menuju lokasi bencana. Sesampainya di lokasi, kemudian menuju kantor kepala desa sekaligus penyerahan bantuan. Kegiatan selanjutnya adalah Trauma Healing ke tempat pengungsian para korban bencana. Trauma Healing dilakukan dengan memberikan motivasi, bermain, dan bernyanyi bersama yang bertujuan untuk menghibur para korban di sana.

Selain trauma healing, Forum Anak Lombok Timur juga membagi-bagikan bingkisan berupa biskuit dan susu kepada anak-anak korban bencana. Bingkisan itu berhasil menambah kebahagiaan anak-anak korban bencana. Melalui program ini diharapkan agar masyarakat Lombok Timur menjadi termotivasi untuk peduli terhadap korban bencana. Dan tujuan itanya adalah menghilangkan rasa trauma, sedih ataupun ketakutan pada anak agar mereka dapat bermain lagi seperti sediakala.
 
Source : Forum Anak Lombok Timur
Kiriman Lainnya