Oleh : TGRCampaign
Kategori : Kegiatan / Event

Traditional Games Return Campaign Community kembali akan memilih teman-teman bermain yang cinta permainan tradisional. Kini kesempatan untuk menjadi bagian sebuah kampanye yang mengusung hak bermain anak telah dibuka kembali. Oprec TGR Batch 2! Yeaaay!

Kesempatan bermain bersama terbuka untuk siapa saja yang penat dengan rutinitas berada dalam gedung kantor, bangku perkuliahan, atau hari-hari berpeluh yang melelahkan. Untuk aku, kamu, dan mereka, mungkin tawa adik-adik kecil kita bisa menjadi musik indah yang mampu mendongkrak semangat menjalani hari dengan ceria. Ini untuk kamu para generasi millennial yang sempat merasakan girangnya berlarian mengejar layangan, balapan dengan ban yang dipukul-pukul, atau yang familiar dengan bunyi otok-otok dalam bak.

Tidak berlebihan rasanya jika kesedihan atau mungkin keprihatinan tiba-tiba menghinggapi ketika melihat adik, keponakan, anak, atau bahkan saudara yang sibuk sendiri dengan gawai di genggaman. Kenangan lagu-laguan yang mengiringi kala bermain rangkul alu atau potong bebek mungkin seketika terngiang. Akan tetapi, kini mau main dengan siapa?

Selain situasi sosial yang berubah, fisik ini pun rasanya butuh bergerak lebih dari biasanya hanya menunduk dan menatap layar. Cuma jempol yang sibuk menari. Tapi rasanya begitu candu, bagi anak-anak maupun dewasa.
Berangkat dari keprihatinan itu, TGR Community mengajak kita semua untuk bernostalgia dengan masa kecil. Tapi tidak cuma untuk diingat, melainkan juga dihadirkan kembali agar adik-adik generasi sekarang juga bisa merasakan keseruan bermain di luar, tidak terhipnotis permainan di dunia maya.

Hanya menemani adik-adik dan ikut bermain, sederhana. Akan tetapi, dampak yang akan dirasakan sangatlah besar. Seperti pengalaman salah satu anggota TGR Team yang sudah bergabung sejak tahun lalu. Seringnya bertemu dengan adik-adik di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang biasa dijadikan tempat bermain oleh TGR ternyata mengingatkan ia pada kesederhanaan makna bahagia. Siapa sih yang nggak ingin jadi anak kecil yang sepertinya belum memikirkan peliknya urusan eksistensi di dunia ini. Bertemu makhluk kecil yang tertawa hanya karena lucunya melihat anak lain mencoba bermain lenggang rotan atau lebih familiar di telinga dengan sebutan hullahoop seakan memberikannya tamparan. Gerakan meliuk menjaga agar linkagran sempurna itu tetap seimbang memutari pinggangya dilihat sebagai upaya manusia berusaha menari di tengah permasalahan yang konstan mendatangi. Mencoba lagi dan lagi hingga akhirnya bisa seimbang dan menghadapinya dengan senyum seperti tawa yang mengiringi putaran lenggang rotan.

Oh, apakah benang merahnya terlalu panjang? Baik. Lebih sederhana adalah dengan menganggap anak-anak kecil itu seperti cermin. Sisi mana yang merupakan pantulan bayangan? Apakah potret seorang dewasa itu adalah pantulan masa depan sang anak atau justru paras polos di wajah yang lebih mungil itu adalah pantulan masa kecil yang ia harap masih dimilikinya saat ini…? Apakah anak kecil di hadapannya akan diarahkan untuk menjadi dirinya yang sekarang atau justru ialah yang ingin kembali belajar kejujuran menjalani hidup dari anak kecil di hadapannya…?

Hmmmmmmmm

Jelas, bukan saja anak-anak itu yang akan dapat merasakan bagaimana bermain bersama menghitung biji congklak atau kejar-mengejar bermain bentengan, tetapi juga kita yang menemani akan mendapatkan banyak refleksi dan tentu saja bisa menemukan eskapis dari rutinitas.

Kami menunggu kamu, sebagai tim dan ambassador TGR yang akan membantu pelestarian permainan tradisional setiap daerah. Oprec tim inti dibuka untuk siapa saja (maks. 27 tahun) yang berdomisili di Jabodetabek dan tertarik dengan upaya pemenuhan hak anak. Sementara, ambassador TGR adalah anak-anak di bawah 18 tahun yang memiliki semangat melestarikan permainan tradisional di daerahnya. Segera daftarkan dirimu melalui tiny.cc/tgrambassador_oprec2018 untuk perekrutan ambassador TGR dan tiny.cc/tgrteam_oprec2018 untuk menjadi tim inti. Informasinya lebih lanjut dapat diakses melalui indorelawan.org atau akun instagram @traditionalgamesreturns.

Tak sabar bermain denganmu. Iya, kamu!
Lupakan Gadget-mu, Ayo Main di Luar!

SHARE!

TGRCampaign

"✨ Traditional Games Returns ✨ Est. 2016 Komunitas Permainan Tradisional Media Partner Anak Sahabat Main di Luar Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! #TGRCampaign "

Follow


13 Mading


Pelatihan 2P

Kategori : Kegiatan / Event

Kreasi mini project FAKASIBOND

Kategori : Kegiatan / Event

Situbondo OTW Inklusi part2

Kategori : Kegiatan / Event

Usaha Yang Tidak Menghianati Hasil

Kategori : Kegiatan / Event

Serunya Syuting Film Bareng Teman Difabel

Kategori : Kegiatan / Event