Sudahkan Sistem "Oprec" bagi Forum Anak Mewakili keseluruhan Anak tanpa Adanya diskriminasi ?

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak

Hai semua Anak Indonesia, khusunya teman-teman Forum Anak dimanapun berada. Melalui tulisan ini mari kita bahas tentang "Oprec" yang dalam tahun ini ngehits dikalangan Forum Anak. 

Tulisan ini mengajak kita semua untuk mengkritisi kembali sistem Oprec yang dilakukan forum anak dalam menjaring anak-anak atau anggota baru didalam kepengurusan ataupun struktur Forum Anak. 

Juga menjadi bahan pemikiran bersama khusunya bagi Fasilitator Ataupun Pendamping Forum Anak baik yang ada di Skpd ataupun Sukarela. 

Mari kita bahas. 
Belakangan ini banyak Forum anak melakukan Kegiatan Oprec atau Open Requitmen dengan keunikan dan kreativitas masing-masing. Ada yang menggunakan Form Online, atau mendaftarkan langsung, atau bahkan ada juga yang melakukan interview / wawancara. 

Oprec sebenarnya lebih dikenal pada kalangan organisasi atau komunitas instansi yang biasanya mencari Valunteer atau bahkan Mencari tim/magang (Kerja). Oprek juga terkesan lebih bergengsi / khusus / spesial karena spesifikasi tugas atau posisi yang dibutuhkan. 

Jadi bisa kita simpulkan bahwa :
- Adanya syarat.
- Adanya Seleksi.
- Adanya Spesifikasi Posisi/Tugas.

Jika syarat tidak terpenuhi maka seleksi dinyatakan tidak berhasil lolos tahap selanjutnya, lalu jika saat seleksi gagal maka secara mutlak tidak diterima/gagal.

Mari kita kembalikan ke Konsep Forum Anak, dimana Forum ini bertugas menyampaikan pandangan/suara anak untuk kemudian di sampaikan kepada pemerintah sebagai pertimbangan dalam menentukan kebijakan di daerah. 

Artinya Forum Anak bisa mewakili Pandangan/suara dan kebutuhan setiap Anak. Misalnya Anak Jalanan, Anak berkebutuhan Khusus, Anak Minoritas dsb, tidak hanya Anak Sekolah saja. 

Sistem Oprec yang dilakukan Forum anak haruslah bisa diikuti oleh seluruh Anak di daerah tersebut. Sehingga jauh dari Diskriminasi. 

Forum Anak : "Kita Sudah ngajak mereka (Anak jalanan, ABH, dll) kok kak? Tapi mereka tidak hadir? "

Nah itu dia, sistem Oprek mengharuskan untuk mendaftar. sedangkan anak-anak tidaklah semua sama, ada yang pemalu, kurang percaya diri, tidak tahu dsb. 

Pada Buku Panduan Pengembangan Forum Anak cetakan 2014 yang Kak Uia baca, dijelaskan bagaimana proses mengajak anak-anak terlibat di Forum Anak sehingga Forum Anak benar-benar mewakili seluruh Anak tanpa adanya diskriminasi.

Misalnya dengan cara Melakukan pendataan kelompok anak/kelompok kegiatan anak/komunitas dsb. Lalu dilakukan sosialisasi tentang Forum Anak, Hak dan kewajiban Anak dsb. Setelah itu di Ajaklah mereka secara bersama untuk duduk dalam kepengurusan Forum Anak. 

Cara ini tentu Pengurus Forum Anak akan lebih sibuk bertemu dengan anak anak dengan kebutuhan yang berbeda-beda dan pastinya lebih asik karena jadi banyak teman, banyak mengenal keunikan. 

Proses ini sebaiknya didampingi oleh Fasilitator ataupun pembina forum anak, sehingga Forum Anak akan lebih beragam dan bisa mencakup semua kebutuhan/pandangan Anak. Jadi sekali lagi jangan hanya Sekolah-sekolah saja yang di Undang atau dilibatkan dalam kegiatan Forum Anak. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, 
Jika terdapat pertanyaan atau sanggahan bisa tuliskan dalam komentar dibawah ini atau bisa juga berpesan kesaya melalui media yang terjangkau.

Terima kasih. 

 
Source : Forum Anak
Kiriman Lainnya