STOP MEROKOK untuk mewujudkan Generasi Sehat, Udara Sehat bersama Forum Anak Dumai

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Promkes Purnama Dumai

Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan setempat memberlakukan kawasan merokok dan tanpa asap rokok di semua fasilitas kesehatan dan pendidikan. kawasan merokok dan kawasan tanpa asap rokok telah tertuang dalam Peraturan Walikota (Perwako) Dumai nomor 11 tahun 2012 tentang kawasan tanpa asap.

Langkah tersebut diambil dalam upaya menciptakan lingkungan bersih dan sehat guna meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas sumber daya manusia masyarakat kota Dumai. Seperti yang kita ketahui. sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, banyak di antaranya beracun dan menyebabkan kanker. Mengisap rokok secara terus-menerus sama saja seperti menumpuk racun pada tubuh yang bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa mendatang.

Dampak rokok bagi kesehatan sangat berbahaya, bahkan bisa berdampak pada kematian. Untuk meminimalisir dampak tersebut terutama bagi anak-anak dan wanita, Dinas Kesehatan Kota Dumai mengajukan rancangan peraturan daerah mengenai kawasan bebas rokok.Setelah melalui tahapan yang cukup panjang, akhirnya Perda kawasan bebas rokok pun telah disahkan DPRD pada 2016 lalu. Namun demikian realisasi dan sosialisasi terhadap peraturan tersebut tidaklah terlepas dari kemampuan anggaran daerah.

Menyikapi hal tersebut, kehadiran Forum Anak Kota Dumai selaku perpanjangan tangan dari Dinas Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DK2P3A) Kota Dumai  mengambil peranan penting dalam upaya penegakan peraturan daerah tersebut serta mencegah pengaruh rokok dikalangan usia anak.

Forum Anak kota dumai menyelenggarakan kegiatan yang diharapkan dapat membantu  mewujudkan Generasi Sehat, Udara Sehat bersama Forum  Anak  Dumai.Nah kegiatan ini berupa kampanye anti rokok yang dilakukan oleh Komunitas Anti Rokok Indonesia Kota Dumai (KARI) dalam kegiatan ini dilakukan penyebaran brosur ke beberapa titik yang ada di kota dumai. Selain bertujuan untuk mewujudkan generasi sehat,udara sehat ,kegiatan ini juga menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya rokok,batasan area rokok dan Mewujudkan kota dumai sebagai kota layak anak bebas asap rokok.

Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu,6 Mei 2017 tepatnya di simpang SUI kel.Purnama Kota dumai  dan disambut baik dengan masyarakat setempat.

Diharapkan kegiatan ini mampu mewujudkan generasi Sehat yang Keren Tanpa rokok.
 
Source : Promkes Purnama Dumai
Kiriman Lainnya