SOSIALISASI SISTEM PERADILAN ANAK

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. FAM

Halo Generasi Emas Indonesia.
Horas!
Kembali lagi di ceritanya Forum Anak Medan.
 
Nah kali ini, Forum Anak Kota Medan akan menceritakan kegiatan yang baru saja dilaksanakan, baca dan kepo-in sampai habis ya...
 
Seiring meningkatnya kekerasan yang dilakukan oleh anak di kota Medan, serta banyak juga masyarakat di kota Medan yang semena-mena kepada anak-anak yang telah melakukan tindakan melanggar hukum, maka Forum Anak Medan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat di kota Medan melaksanakan Sosialisasi mengenai “Sistem Peradilan Anak” Dilaksanakan di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat kota Medan.Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa adanya peringanan hukuman di usia anak dan jalan yang di tempuh juga tak harus melalui meja hijau ataupun ke kantor Polisi.
 
Dalam sosialisasi kali ini, kami menghadirkan para Kepala Lingkungan (Kepling), Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial, para ibu-ibu PKK kota Medan, beberapa Forum Anak Kecamatan, dan Forum Anak Kota Medan, dengan harapan semoga para peserta dapat mensosialisasi kan dan memberitahukan kembali hasil dari sosialisasi ini kepada masyarakat luas. Dengan banyak nya peserta yang antusias mengikuti sosialisasi ini, kami pun membagi nya menjadi 2 kloter, jadi sosialisasi ini berlangsung pada tanggal 12-13 Desember 2017.
 
Apa aja sih materi-materi yang disampaikan?
Ada beberapa materi yang disampaikan, antara lain : Materi yang bertemakan tentang Diversi Dan Keadilan Restoratif Dalam Penanganan Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum, materi tentang Peran Masyarakat Dalam Perlidungan Anak, dan materi-materi lainnya.
 
Selain pemaparan materi, ada kegiatan apa aja sih di dalam sosialisasi ini?
Selain pemaparan materi, kami juga membuka sesi diskusi dalam sosialisasi ini. Para peserta dapat menanyakan apa saja yang berkaitan dengan tema, boleh bercerita tentang permasalahan anak apa saja di lingkungan mereka, bertukar pikiran dengan peserta lain, menyampaikan segala keluhan mereka terhadap kenakalan remaja dan anak-anak, yang dimana pertanyaan, keluhan, tanggapan, dan curhatan mereka di tampung lalu di berikan pula solusi atas permasalahan mereka. Dalam Sosialisai ini, kami juga melakukan menyuluhan dan mempraktek kan langkah-langkah sederhana saat sedang mengatasi anak-anak yang berhadapan dengan hukum.
 
Begitulah ceritanya. Jadi ingat, sistem peradilan anak dengan sistem peradilan orang dewasa itu sangat berbeda, tapi dihimbau juga supaya anak-anak tidak membuat tindakan yang melanggar hukum walaupun hukuman dan proses nya dapat di ringankan dan di persingkat, tetap saja hukum dan peraturan di buat untuk kita taati demi menciptakan kondisi yang damai, aman, dan tentram bukan malah di langgar dan di abaikan. Sekian cerita kami kali dan terimakasih.
 
Sampai bertemu di cerita-cerita kami selanjutnya, ya...
Horas !

 

Oleh : Muhammad Rafly Ritonga (Wakil Ketua Forum Anak Medan)
 
Source : Dok. FAM
Kiriman Lainnya