Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Sejak Dini di Kab. Parigi Moutong oleh Forum Anak Sulawesi Tengah

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Sedang maraknya kasus kekerasan seksual dan pelecehan seksual yang menargetkan anak sebagai korban, banyak beredar di media massa dan elektronik. Salah satu contohnya yang telah membekas di benak masyarakat Kota Palu yaitu kasus Tora-Tora. Kasus Tora-Tora adalah kasus dimana seorang anak kelas IV SD ditemui tewas dengan keadaan mengenaskan hasil dari perilaku sodomi oleh orang yang tidak bertanggung jawab pada tahun 2013 lalu. Untuk tahun kedepannya bahkan sampai 2017 ini, tak ada seorangpun yang ingin kejadian seperti itu terulang lagi. Namun, siapa yang tahu? Bahkan orang-orang disekitar kita yang tak disangka memiliki niat jahat untuk melakukan tindakan kriminal, takkan ada seorangpun yang tahu kecuali semuanya sudah terjadi.
 
Melihat isu dan kekhawatiran akan kasus-kasus yang ada, Forum Anak Sulawesi Tengah berinisiatif melakukan sebuah Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Sejak Dini di Kab. Parigi Moutong bersama Forum Anak Kota Palu. Dengan perjalanan yang cukup lama, jalanan penuh batu yang menjadi tantangan selama perjalanan, menjadi hambatan tersendiri dan tentunya harus dihadapi agar sampai ke tempat tujuan. Tepatnya pada tanggal 17 Juni 2016 dan saat itu sedang dalam suasana bulan Ramadhan, Forum Anak Sulawesi Tengah juga mengadakan buka puasa bersama panti asuhan di Kab. Parigi Moutong sekaligus menyosialisasikan langkah-langkah awal kepada anak-anak panti tersebut untuk mengambil langkah preventif dalam hal pencegahan kekerasan atau pelecehan seksual contohnya saja seperti kehadiran seseorang yang mencurigakan atau orang asing yang perlahan mendekati diri sang anak. Dengan adanya langkah-langkah preventif seperti berteriak “tolong!”, lari ke tempat ramai, dan lain sebagainya, menjadi pengetahuan tersendiri bagi seorang anak untuk dapat menjaga diri saat bermain diluar rumah maupun beraktivitas tanpa pengawasan orangtua.
 
Program Forum Anak Sulawesi Tengah disambut baik oleh pengurus panti dan anak-anak disana, terlebih lagi menjadi ajang silaturahmi dengan Forum Anak Kab. Parigi Moutong saat itu. Forum Anak Sulawesi Tengah juga memberikan sembako kepada anak panti sebagai bentuk sedekah di bulan Ramadhan. Selain berkunjung ke panti asuhan, Forum Anak Sulawesi Tengah juga berkunjung ke rumah jabatan Bupati Kab. Parigi Moutong untuk memberikan sedikit penjelasan terhadap pentingnya langkah preventif bagi anak sejak dini untuk mencegah adanya kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada anak. Program ini didukung baik oleh Bapak H. Eka Pontoh SH selaku Sekkab Daerah Kab. Parigi Moutong dan menyarankan agar disetiap titik perkotaan atau sudut keramaian, poster dan brosur langkah-langkah awal pencegahan kekerasan seksual sejak dini dapat dipasang agar setiap khalayak maupun anak-anak dapat dengan mudah dan mengerti akan pentingnya langkah-langkah tersebut.
 
Sosialisasi ini semata-mata untuk memberikan pengetahuan sejak dini kepada anak-anak khususnya dibawah umur 12 tahun, karena merekalah yang sering menjadi target sodomi, pelecehan, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, Forum Anak Sulawesi Tengah menjalankan fungsinya sebagai pelopor sebaya untuk saling mengedukasi satu sama lain dan dapat menebar manfaat bagi anak-anak Sulawesi Tengah. Dengan menggunakan bahasa sederhana dan logat Palu, sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan meriah. Dengan penuh kesederhanaan, program ini berjalan sesuai dengan ekspektasi dan sangat berdampak terhadap pengetahuan tambahan bagi anak-anak di Kab. Parigi Moutong.
 

"Kami Forum Anak Sulawesi Tengah : Dari Anak, Untuk Anak, Demi Masa Depan Anak."
 

Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya