Sosialisasi Berbahasa dan Bersastra Indonesia oleh Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah bersama OSIS SMAN 2 PALU

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Dalam rangka menegaskan peran bahasa terhadap anak remaja dalam kehidupan sehari-hari, Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah diundang oleh SMAN 2 Palu untuk menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi Berbahasa dan Bersastra Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap SMA di seluruh Kota Palu tepatnya pada tanggal 21 Februari 2017 di Hotel Graha Mulia.

Diberikan waktu 30 menit untuk pengenalan Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah sekaligus membawakan materi tentang peran Forum Anak dalam bidang bahasa, materi ini sukses menyita perhatian peserta dibuktikan dengan banyak peserta yang saling berebut kesempatan saat sesi tanya jawab dibuka.

Diawali dengan pengenalan Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah dengan mempresentasikan banyak kegiatan yang telah dilakukan sepanjang tahun, kemudian diselingi Ice Breaking yang memecah suasana agar antara peserta tidak merasa canggung atau kaku terhadap materi utama yang akan dibawakan setelahnya. Tentunya, saat ice breaking berlangung, games yang diberikan tentunya tetap berkaitan dengan bahasa Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang bahasa Indonesia dan meningkatkan minat dan semangat peserta sosialisasi dalam berbahasa dengan baik dan benar.

Materi tentang peran Forum Anak terhadap bidang bahasa ini menegaskan bahwa Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah juga memiliki peran yang cukup besar dalam pengembangan budaya berbahasa yang baik dan benar. Hal ini ditegaskan dalam pembuktian-pembuktian seperti banyak dari program-program yang diadakan oleh Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah yang bersangkut paut dengan bidang bahasa.

Seperti contohnya : Photo Challenge yang biasa diadakan pada hari keluarga, hari ibu dan beberapa hari nasional lainnya, Perpustakaan keliling yang lebih dikenal dengan singkatan PerLing dan beberapa program lainnya yang akan menyusul dalam waktu dekat. Sehingga terbukti bahwa Forum Anak Prov. Sulawesi TEngah memiliki keterikatan yang kuat terhadap perkembangan bahasa bagi anak-anak di Sulawesi Tengah.

Disambut dengan antusias oleh seluruh anggota OSIS SMA di Kota Palu, membuat sosialisasi sebaya ini berjalan lancar dan meningkatkan rasa nasionalisme tersendiri terhadap jiwa peserta sosialisasi berbahasa ini. Yang mana, bahasa Indonesia mulai tergeser keasliannya dan tata bahasa yang tidak sesuai, seperti kedatangan bahasa alay dan bahasa lainnya yang membuat bahasa asli negara Indonesia, perlahan mengalami kemunduran dalam penggunaannya. Sehingga, sosialisasi ini bertujuan untuk membangkitkan identitas diri kita sebagai warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Kemudian ditambah lagi dengan hal yang berkaitan dengan partisipasi anak bahwa bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi terhadap banyak orang, yang mana diketahui bersama bahwa tentunya, kita perlu mengkaji dan lebih mencari kosakata baru sebagai pengetahuan tambahan dalam berbahasa untuk dapat memberikan pemahaman terhadap diri sendiri akan pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi dalam hal berpartisipasi di setiap ajang maupun kegiatan yang diikuti oleh anak.

Akhir kata, bahasa Indonesia sebagai identitas kita, merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara kita untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karenanya, sebagai anak Indonesia, patut menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan menghormati jasa pahlawan yang telah memperjuangkan segala hal untuk Indonesia salah satunya adalah bahasa. Mari kenalkan Indonesia lewat bahasa kita, bahasa Indonesia!
 
Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya