Oleh : Forum Anak Kabupaten Situbondo
Kategori : Forum Anak

Hai anak-anak Indonesia! Apa kabs???
Kami Forum Anak Situbondo ingin bercerita kepada kalian!
Simak yaaa....

Pada tanggal 06-08 Desember 2017 yang lalu, Forum Anak Situbondo ikut dalam rombongan studi banding Kabupaten Layak Anak (KLA) Pemkab Situbondo ke Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kesempatan kali ini, Forum Anak Situbondo mengirimkan Nur Akhidatul Jannah (Kiki) dan Rekso Sandany (Rekso) sebagai perwakilan anak Situbondo.

Studi banding KLA Pemkab Situbondo diikuti oleh perwakilan dari Bappeda, Dinas Dikbud, Dinas Kominfo, Dishub, Dinas Perpusda, Dinas PUPR, Dinas P3A, Unit PPA Polres Situbondo, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, dan TP-PKK. Perjalanan darat menuju Sleman dimulai pada hari Rabu pagi pukul 00.30 dan tiba pada pukul 16.30. Setelah hampir 16 jam kami tempuh, akhirnya tiba jua di bumi Sleman Sembada. Kami beristirahat untuk mengumpulkan energi mempersiapkan kegiatan esok hari.

Fajar pagi hari Kamis menjelang, kami semakin tak sabar berjumpa saudara-saudara kami di Forum Anak Sleman (FORANS). Kami diterima oleh Ibu Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (PPHA), ibu Kabid Perlindungan Perempuan, Kasubbid PHA ibu Sumarni, S.Sos selaku pembina FORANS, serta bapak/ibu perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi KLA di Kab. Sleman. Mereka menyambut kami dengan ramah dan informatif. Dalam paparan yang disampaikan, kami dari Situbondo menjadi semakin sadar bahwa ada buanyak hal yang perlu dibenahi pada lima kluster KHA di Situbondo.

Menjelang siang, akhirnya kami bisa bertemu pengurus FORANS secara langsung. Kami senang bisa berjumpa dengan Tsani, Ketua FORANS dan Dewi, anggota Divisi Perlindungan Khusus FORANS. Mereka baru saja menjadi pengurus untuk masa bakti 2017-2019 lohh... FORANS dan FA Situbondo saling menukar pamflet tentang hak-hak anak sebagai bentuk cinderamata sederhana kami. Selain bertemu dengan Tsani dan Dewi, kami juga bertemu dengan Kak Rizal dan Kak Jabar. Mereka berdua adalah fasilitator partisipasi anak nasional yang termashyur dari Yogyakarta. Sayang kami tidak sempat berfoto bersama dengan kedua kakak kece tersebut.

Selain ke DP3AP2KB Kab. Sleman, kami juga berkesempatan untuk mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT P2TP2A) Kab. Sleman. Wahhh... kami takjub melihat fasilitas dan tenaga profesional yang siap sedia di sana. Tidak heran bila lembaga ini berhasil meraih sertifikasi ISO 9008. Sebuah pengakuan atas dedikasi dan kualitas layanan yang ada.

Selanjutnya, untuk menutup kunjungan hari ini, kami mengunjungi Kantor Kecamatan Kalasan, yang baru saja dinobatkan sebagai Kecamatan Layak Anak (KELANA). Di sana kami diterima oleh Bapak Sekretaris Camat, Ibu Kepala SMPN 1 Kalasan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA), serta perwakilan dari Desa Purwomartani sebagai Desa Layak Anak (DEKELA). Kami belajar banyak hal di sana, terutama tentang bagaimana tips-tips agar usulan anak dalam Musrenbang dapat dikawal hingga ke Musrenbangkab, hingga bagaimana menciptakan mata anggaran baru bagi kegiatan Forum Anak di desa/kelurahan. 

Kunjungan kami berakhir dan Alhamdulillah tiba dengan selamat di Situbondo pada hari Sabtu, 09 Desember pada pukul 09.00. Setelah segar beristirahat sejenak, kamipun tulis pengalaman kami di statusfan.com agar dapat menginspirasi teman-teman FA se-Indonesia. Salam semangat dari kami anak Situbondo yang terus mendamba perubahan! 

Terima kasih teman-teman...
Anak Situbondo... untuk Indonesia!  

SHARE ke INSTAGRAM

Download Gambar

Forum Anak Kabupaten Situbondo

"Forum Anak Kabupaten Situbondo didirikan pada tanggal 04 November 2011 sebagai wadah partisipasi anak Situbondo dalam pembangunan. Di usianya yang ke-6 tahun ini, Forum Anak Situbondo terus berupaya menemukan cara terbaik dalam meneruskan aspirasi anak Kota Santri. Kami menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Masih banyak teman-teman sebaya kami yang belum mendapatkan hak-hak mereka. Maka, kami akan selalu berikhtiar seraya mengadahkan tangan memohon pada hadirat Tuhan, agar senantiasa membimbing dan memberikan keteguhan hati ini. Aamiin..."

Follow


21 Mading


KuDataAnak (KUDA) oleh FaKcSong

Kategori : Forum Anak

Bermain Ular Tangga di Carfree Day

Kategori : Forum Anak

BAKTI SOSIAL FORUM ANAK GUNUNGKIDUL

Kategori : Forum Anak

Launching Forum Anak Desa Tepus

Kategori : Forum Anak