Oleh : Forum Anak Kabupaten Situbondo
Kategori : Kegiatan / Event

oleh Nur Akidahtul Jhannah

Hai kawan kawan, pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 lalu merupakan hari yang mungkin tidak akan pernah FAKASIBOND lupakan, karena pada hari itu kami menggarap film pertama kami yakni yang berjudul "Pantang Nilai Sebelum Kenal". Film ini menggambarkan realita di tengah masyarakat, tentang bagaimana penolakan terhadap teman-teman difabel (anak-anak berkebutuhan khusus atau ABK), hingga penerimaan dan terwujudnya inklusivitas di kalangan anak Situbondo.

Kebetulan saya menjadi penulis naskah dari film itu, ditambah saya dipercayai untuk menyutradarai film tersebut secara langsung. Semua pihak sangat antusias, mulai dari fasilitator, temen-temen difabel, sampai orang tua teman-teman difabel juga berperan dalam syuting film ini.

Syuting dimulai pukul 09.00 dikarenakan hari itu juga bertepatan dengan pilkada serentak. Jadi kita menunggu teman-teman yang masih menyalurkan hak suaranya. Setelah briefing kepada seluruh kru dan pemeran dirasa cukup, kami memulai proses syuting short movie tersebut. Hari itu sangatlah mengocok perut, karena tingkah laku pemain yang sering salah salah dalam memerankan perannya. Kekocakan semakin menjadi saat sampai pada adegan yang mengandung unsur humor.

Setelah semua adegan selesai, kami merasa sangat terharu dengan semangat yang ditunjukkan satu sama lain. Perjuangan kami tidak sampai disitu, karena masih ada tahap penyortiran adegan, pengeditan, dan finishing.
Amanat yg terkandung dalam film ini adalah : menerima perbedaan sebagai suatu keniscayaan, jangan pernah buruk sangka, selalu sabar, harus saling tolong menolong, tidak boleh jahil, dan tidak boleh membully teman

Kami senang film pertama kami berhasil terlaksana. Kami bersyukur dapat berpartisipasi secara aktif tanpa diskriminasi, demi mendukung Situbondo sebagai Kabupaten Layak Anak dan Ramah Difabel.

SHARE!

Forum Anak Kabupaten Situbondo

"Forum Anak Kabupaten Situbondo didirikan pada tanggal 04 November 2011 sebagai wadah partisipasi anak Situbondo dalam pembangunan. Di usianya yang ke-7 tahun ini, Forum Anak Situbondo terus berupaya menemukan cara terbaik dalam meneruskan aspirasi anak Kota Santri. Kami menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Masih banyak teman-teman sebaya kami yang belum mendapatkan hak-hak mereka. Maka, kami akan selalu berikhtiar seraya mengadahkan tangan memohon pada hadirat Tuhan, agar senantiasa membimbing dan memberikan keteguhan hati ini. Aamiin..."

Follow


53 Mading


Jambore Anak Tomohon 2018

Kategori : Kegiatan / Event

JAMBORE ANAK TOMOHON DAN 2018

Kategori : Kegiatan / Event

D-1 Jambore Anak Kota Tomohon

Kategori : Kegiatan / Event

Pesona Kediri Di Mata Situbondo

Kategori : Kegiatan / Event