Serunya bermain Bas-basan!

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Tepat satu pekan setelah diresmikan, RUMAD WONTIM mulai melakukan pemanasan menuju event festival anak desa bulan Juni mendatang. Pemanasan yang dimaksud yaitu mencoba dan memainkan salah satu permainan tradisional yang diberi nama Bas-basan (kalau di Jawa namanya dam-daman). Permainan Bas-basan termasuk yang hampir punah khususnya di Desa Wonorejo Timur, buktinya beberapa anak tidak mengetahui permainan ini.

Aktivitas yang menyenangkan ini (Ahad, 25 Maret 2018) diawali dengan senam bugar yang dipandu oleh Ibu Istiqamah, penyuluh KB Desa Wonorejo Timur Kec. Mangkutana Kab. Luwu Timur, Sulsel. Setelah itu pembina RUMAD WONTIM memberikan penjelasan tentang permainan Bas-basan yakni tentang cara membuat papan, cara bermain dan aturan-aturannya. Begitu semua peserta mengerti, maka dimulailah permainan Bas-basan secara kompetisi, dimana juara 1 akan berkesempatan melawan pembina RUMAD yang sudah berpengalaman memainkan Bas-basan.


Selang beberapa lama, keseruan bermain Bas-basan membuat aparat desa yang sedang ada keperluan di kantor ingin ikut bermain. Tampak kasi kesejahteraan beserta stafnya dan staf kaur Perencanaan ikut larut dalam permainan ini hingga lupa dengan pekerjaan yang harus dikerjakan saat itu. Semua tampak bahagia dan menikmati permainan Bas-basan, tak terkecuali pembina RUMAD sendiri yang akhirnya bertarung melawan salah satu pemenang utama.


Kegiatan yang berlangsung di halaman dan teras kantor desa Wonorejo Timur itu selesai pukul 11.00 WITA dengan tertib dan penuh kesan. Salah satu peserta mengaku bahwa permainan ini ternyata sangat seru karena melatih logika, strategi, ketelitian serta pengambilan keputusan. "Pekan depan kita akan main bermain motor-motoran!" Kata pembina RUMAD memberi semangat dan motivasi kepada seluruh anggota RUMAD WONTIM.
Source :
Kiriman Lainnya