Sekolah Kolong Selamatkan Warga Kampung Bara-Barayya dari Buta Aksara

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Maros - Sekolah Kolong kampung Bara-Barayya merupakan kelas jauh dari sekolah induk MI DII Hidayatullah Tanete Bulu, sekolah kolong ini berada di kolong rumah Dg. Raga seorang petani yang juga berprofesi sebagai pembuat gula merah,tepatnya di Kampung Bara-Barayya, Desa Bontomanurung, Kec. Tompobulu, Kab. Maros.

Jangan berfikir sekolah ini seperti sekolah pada umumnya yang ada di kota, hanya ada 5 pasang meja dan bangku yang terbuat dari papan sederhana, ruangannya tidak dilengkapi dinding jadi jangan heran jika terkadang ayam ikut belajar. Sebenarnya sekolah ini memiliki 2 guru tetap, tetapi karena alasan akses yang sangat sulit kesana sehingga membuat para siswa hanya belajar beberapa kali sebulan.

Alhamdulillah akhir akhir ini ada sekelompok mahasiswa yang menjadi relawan untuk membantu warga kampung Bara-Barayya mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak serta membuat donasi untuk membangun sekolah di tanah samping rumah Dg. Raga yang telah diwakafkan untuk dibangun sekolah.

"Saya berharap dengan adanya sekolah di kampung Bara-Barayya bisa membuat nasib anak anak disini lebih beruntung dari saya," perkataan Dg. Raga dengan bahasa daerah Makassar membuat saya tersentuh, sungguh mulia usahanya ingin menyekolahkan anak anak yang ada disana.

Sekolah Kolong ini tidak hanya menyelamatkan anak anak disana dari buta aksara tetapi seluruh warga kampung Bara-Barayya. Seorang siswa berumur 5 tahun bernama Nyomba sempat membuat air mata saya tak bisa terbendung, "kakak mau pulang ke kota? kakak harus kembali kesini, Nyomba mau belajar mengaji sama kakak supaya bisa jadi imam di kampung"

Perlu di ingat, pada Pasal 31 UUD 1945 dan Amandemen
Ayat 1:  Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
Ayat 2:  Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah  wajib membiayainya.

Berdasarkan pasal di atas, apakah tidak terjadi pelanggaran HAM di kampung Bara-Barayya?


Mari ikut patungan untuk pembangunan gedung sekolah di kampung Bara-Barayya
https://kitabisa.com/sekolahkolongproject

          
Source :
Kiriman Lainnya