Sejuta Buku Wujudkan Generasi Emas Bangsa (Forum Anak Lombok Timur)

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Lombok Timur

Halo Anak Indonesia!
Salam kenal leman kanak Sasak!

23/07/2016 -- Bagi sebagian besar masyarakat yang sadar akan betapa pentingnya buku bagi kemajuan pendidikan dan pengetahuan anak-anak, seseorang akan bertindak sesuatu untuk menunjukan kepeduliannya terhadap hal tersebut. Namun bagi sebagian masyarakat, buku belum dijadikan sebagai kebutuhan pokok keluarga dalam hal memajukan pengetahuan anak, kebanyakan orang lebih senang menghabiskan waktu dan uangnya berjalan-jalan ke mall dibanding perpustakaan atau toko buku, selain itu orang juga lebih senang mengguunakan tab atau smartphone untuk memajukan pengetahuan dan menunjukkan respon modernisasi global, padahal jika disadari, kedua alat tersebut lebih banyak mengandung unsur negatif, baik dari segi kesehatan maupun kemungkinan membuka situs yang kurang baik bagi anak.

Selain itu adanya ketimpangan atau ketidakrataan pendidikan juga bisa menimbulkan masalah bagi perkembangan pengetahuan anak, baik anak di desa atau wilayah terpencil sama-sama memiliki hak istimewa untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Namum pada faktanya masih ada saja ketimpangan dan ketidakrataan pendidikan yang terjadi antara anak-anak kota maupun desa.
Menyadari hal tersebut, Forum Anak Lombok Timur, mengadakan program Forum Anak Lombok Timur berbagi sejuta buku. Program tersebut didasari atas kesadaran betapa pentingnya memelihara pengetahuan anak melalui penyebarluasan buku tulis dan buku baca kepada anak-anak yang tinggal di daerah terpencil. Tertanggal 23 Juli 2016 anggota Forum Anak Lombok Timur dengan bangga mengadakan program berbagi sejuta buku untuk pertama kalinya. Fokus program tersebut adalah kepada anak-anak yang tinggal di daerah terpencil, dengan alsan masih ada ketimpangan pendidikan di daerah tersebut.

Program tersebut diadakan di daerah pulau kecil yang bernama Gili Beleq, kabupaten Lombok Timur, provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Gili dalam bahasa sasak Lombok berarti “Pulau Kecil”, nah, di pulau kecil tersebut di tempati beberapa puluh Kepala Keluarga, dan hanya ada satu Sekolah Dasar saja. Di sekitar Gili Beleq ada juga pulau-pulau yang lebih kecil yang berpenduduk, dan tidak punya sekolah, jadi bagi anak-anak yang tinggal di daerah pulau kecil sekitar Gili Beleq harus menggunakan sampan untuk pergi kesekolah yang terletak di Gili Beleq, bahkan ada juga anak yang berenang mengarungi laut untuk bisa sampai di Gili Beleq. Pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Gili Beleq itupun tidak terlalu lengkap, hanya beratap genteng yang seadanya, juga hanya ada beberapa buku baca yang sudah kusut, belum lagi anak-anak yang sekolah disana belum mempunyai fasislitas buku yang memadai seperti anak lainnya. Tentu hal tersebut merupakan salah satu contoh dan bukti ketimpangan pendidikan.

Anggota Forum Anak Lombok Timur mengawali pelaksanaan program ini dengan pengumpulan buku bekas dari orang-orang dan anak-anak di Kota yang sudah tak terpakai. Program tersebut diawali dengan sosialisasi di sekolah-sekolah di kota akan pentingnya kepedulian terhadap pemerataan pendidkan, dan mendorong para siswa-siswi untuk menyumbangkan buku bekasnya. Setelah buku-buku tersebut terkumpul, semua buku tersebut di perbaharui dan dipercantik agar menjadi semenarik mungkin dan layak digunakan kembali. Buku yang terkumpul saat itu adalah sepuluh kotak buku. Program tersebut di dukung langsung oleh Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Lombok Timur, dan P2TP2A KABUPATEN Lombok Timur.
Sesampainya di lokasi, yaitu Gili Beleq, semua warga dan anak-anak pulau terlihat riang menyambut kedatangan kami, karna sudah dikomunikasikan sebelumnya dengan pimpinan warga pulaub tersebut. Anak-anak pulau tersebut terlihat bersyukur menerima bantuan dari teman-teman sebaya yang peduli terhadap pendidikan anak-anak di Pulau Gili Beleq.

Program Forum Anak Berbagi Satu Juta Buku ini masih berlanjut hingga saat ini. Pada tahun 2017 tepatnya pada tanggal 5 Mei 2017, Forum Anak Lombok Timur berhasil melakukan penggalangan buku dengan nama program “1000 Buku Untuk Cerdas LOTIMku” yang bekerjasama dengan Duta Baca Lombok Timur. Kemudian hasil penggalangan tersebut dihibahkan kepada anak-anak pelosok di Sembalun, Lombok Timur.

Harapan dari program tersebut adalah, anak-anak pelosok tidak merasa terpinggirkan dengan anak-anak kota, selain itu, diharapkan juga dengan adanya program tersebut dapat menumbuh kembangkan rasa ingin sukses, dan memberi kesadaran bagi anak-anak disana untuk tidak putus asa dalam mendapatkan pendidikan yang layak guna meraih cita-cita setinggi langit.
 
 
Source : Forum Anak Lombok Timur
Kiriman Lainnya