Oleh : Forum Anak LOTIM
Kategori : Liputan

Hallo Anak Indonesia!

Salam kanak sasak pade pelungguh sami!

Selama kurang lebih tiga setengah abad lamanya Indonesia merasakan pahit getirnya sebuah penjajahan, hal itu tidak melunturkan semangat bangsa indonesia untuk mencapai tonggak kemerdekaannya.
Meskipun terjadi pergolakan sengit pada masa itu , namun edukasi dikatakan berhasil dengan adanya kebijakan politik etis yang diterapkan oleh penjajah.

Keberhasilan tersebut terjadi  atas dukungan masyarakat  dan semangat menuntut ilmu pemuda-pemudi Indonesia agar terbebas dari belenggu penjajah. Masyarakat Indonesia pada masa itu sangat menyadari akan pentingnya sebuah pendidikan untuk kemajuan bangsa, lebih lebih bangsanya yang tengah dijajah kala itu. Pemuda-pemudipun berusaha dengan keras untuk mengubah bangsanya dengan ilmu.

Raden Mas Soewardi Soeryaningrat atau biasa disebut Ki Hajar Dewantara meyakinkan kepada pemuda-pemudi pendidikan sebagai sarana yang efektif untuk mewujudkan perubahan sosial dan menjadi resep unggulan untuk memajukan bangsa dan mendirikan Organisasi Taman Siswa di tengah kerasnya tekanan pemerintah Kolonial Belanda, dengan tekanan tersebuat semangat Bapak Pendidikan Nasional kita semakin menggebu-gebu dan menerapkan Tiga Konsep Pendidikan Taman Siswa :
Ing ngarsa sung tuludo, Ing madyo mangun karsa, Tut wuri handayani

 Walaupu  ancaman pemerintah Belanda akan membubarkan sekolah sekolah swasta, namun Masyarakat Indonesia memberikan dorongan penuh agar sekolah swasta tidak dibubarkan dan pemuda-pemudi bersikukuh memperthankan dengan jiwa yang semakin membara dalam menuntut ilmu.

Berkaca dari masa lalu akan menjadikan sebuah bangsa menjadi besar karna tidak melupaka  perjuangan-perjuangan pahlawan mereka. Akan tetapi kita liahat lada masa sekarang masyarakatpun tidak mengetahui apa perannya dalam dunia pendidikan, padahal mereka adalah pemegang kunci kesuksesan generasi penerus bangsa. Pemuda-pemudi bangsa yang jauh di pedalaman sana belum merasakan secuil pendidikan bahkan mereka tidak mengetahui apa itu sebuah pendidikan! Disanalah peran publik untuk mendorong dan memberikan semangat serta fasilitas yang memadai untuk keberhasilan edukasi mereka. Mereka sangat membutuhkan pendidikan agat menjadi generasi penerus bangsa yang hebat,bermartabat, beradab!

"Beri aku 1.000 orang tua ,niscaya  akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda akanku guncangkan dunia" (Ir.Soekarno)
Dari kutipan di atad sudah sangat jelas pemuda-pemudi bangsa adalah generasi yang tidak patut untuk disia-siaka  karena meraka adalah generasi emas bangsa.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIAKU FROM FORUM ANAK LOMBOK TIMUR

SHARE!

Forum Anak LOTIM

"Salam Anak Indonesia! Kami Forum Anak Lombok Timur, ikuti kegiatan-kegiatan forum kami melalui akun Facebook: Faltim Hebat dan akun Instagram: forumanaklotim Terima kasih!"

Follow


27 Mading