Say No To Bully

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : https://www.healthline.com/health/how-to-stop-bullying

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Di artikel ke enam ini, saya akan membahas tentang bully. Kenapa saya bahas ini? Karena hampir semua orang pernah mengalami di bully, dan bully itu sangat berbahaya. Tak jarang banyak yang bunuh diri karena di bully, atau bahkan bully itu sendiri yang memakan korban. saya sendiri pun pernah mengalami di bully. Banyak orang yang bilang, kalo kita dibully kita harus ngomong ke guru atau ke orang tua. 
Ya, saya akui itu cara yang benar.
Tapi, tidak semudah itu. Ada banyak alasan korban bully tidak pernah mengadu pada siapapun.

Oleh karena itu pada kali ini, saya akan membahas tentang bully dari sisi korban.
Saya akan memberitahu beberapa alasan korban bully tidak melapor. Saya juga akan memberitahu apa motif para pembully.

Menurut wikipedia
Bully atau bullying itu bahasa inggris yang artinya Penindasan,yaitu adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan.

Bullying dapat berkembang dimana saja selama disana ada suatu interaksi sosial baik di sekolah, lingkungan rumah, kantor dll. Namun, tindakan bullying lebih sering terjadi di sekolah, terutama di SMP.
Kenapa ? karena pada saat SMP kita menuju proses remaja, kita mulai mencari jati diri dan ego mulai muncul kita merasa paling hebat dan tidak boleh ada yang mengalahkan. Oleh karena itu tindakan bullying sangat tinggi di tingkat SMP.

Tindakan bullying dilakukan secara fisik dan psikis. Dua-duanya sangat berbahaya bagi si korban. Dibawah ini contoh bullying secara fisik dan psikis.

SECARA FISIK

Bullying secara fisik dapat menimbulkan sakit fisik, luka dll contohnya
- memukul, menampar, menendang.

SECARA PSIKIS

Bullying secara fisik dampaknya lebih parah daripada fisik, karena dapat melukai hati, perasaan, dan membuat korbannya stress dan depres, contohnya
- menghina, mengejek, dll.

MOTIF PELAKU BULLYING 

Para pelaku bullying dapat melakukan hal itu bisa jadi karena mereka juga mengalami tekanan, dan bisa jadi mereka juga korban bully. Berikut beberapa motif pelaku bullying.

- sama-sama di bully
-dapat tekanan atau ancaman dari oranglain sehingga mereka ingin balas dendam dan melampiaskan penderitaannya.

Saya selaku orang yang pernah beberapa kali dibully tentunya juga merasakan apa yang para korban bully rasakan.dan saya tahu jelas mengapa kebanyakan mereka lebih memilih diam. Berikut alasannya.

ALASAN KORBAN DIAM

- jika kita mengadu seperti ke guru kita malah semakin tidak aman. Mengapa? Karena guru tidak selamanya melindungi kita.
- alasan kedua, para korban takut di arah atau di cegat di jalan.

Jadi intinya, kita harus mengindari tindakan bullying, kita harus mencegah bullying semakin merajalalela, agar tidak semakin banyak orang yang menjadi korban.

Kita harus menyadarkan mereka para pelaku bullying bahwa tindakannya salah. selain menyiksa orang lain, ia juga akan berdosa dan akan berurusan dengan hukum kalau sampai si korban celaka atau meninggal. Kalau sudah seperti ini, kedua pihak sama-sama dirugikan.

Terima kasih telah membaca, semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Mohon maaf bila ada salah kata ataupun sesuatu yang dirasa kurang berkenan dihati para pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

(Sumber : wikipedia)
Source : https://www.healthline.com/health/how-to-stop-bullying
Kiriman Lainnya