Puncak Perayaan Hari Anak Nasional

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumen Pribadi

Pada tanggal 13 Agustus 2016, kami Forum Anak Butta Toa, melaksanakan proker besar kami yaitu Puncak Perayaan Hari Anak Nasional yang bertempat di Gedung Balai Kartini. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anak, kususnya anak-anak Kab. Bantaeng. Sasaran yang paling diutamakan oleh kami adalah untuk anak-anak, tetapi bukan dalam artian anak-anak yang sekolah saja, kami juga mengundang anak –anak yang putus sekolah serta Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), agar tidak adan lagi diskriminasi yang terjadi antar sesama anak-anak bantaeng.  Beberapa petinggi pemerintahan Kabupaten Bantaeng juga ikut hadir dalam pelaksanaan HAN kali ini.

Ada banyak rangkaian acara pada Hari Anak Nasional Kabupaten Bantaeng. Mulai pada pagi hari yaitu pada pukul 07.00 WITA, kami mulai mempersiapkan semua perlengkapan. Pada pukul 07.15 WITA, dimulainya registrasi kepada tamu yang hadir saat itu, setelah melakukan registrasi, para tamu diarahkan oleh panitia untuk menuju ke tempat duduk yang telah disediakan.

Pada pukul 08.00 WITA acara pun dimulai dengan dibuka oleh sosialisasi lagu “Three Ends” oleh pengurus Forum Anak Butta Toa. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan Asmaul Husna dari Forum Anak Kecamatan Bisappu. Selanjutnya ada beberapa sambutan dari pejabat-pejabat Kabupaten Bantaeng yang sangat mendukung kegiata ini.

Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba-lomba yang sebelumnya telah kami selenggarakan dalam rangka Hari Anak Nasional, seperti lomba Menggambar untuk ABK, Da’i-Da’iah, dan Nasyid Asmaul Husna. Kami sangat senang dengan kehadiran anak berkebutuhan khusus serta anak yang putus sekolah. Karena ini merpuakan pertama kalinya kami melibatkan mereka dalam Perayaan HAN. Kami juga menampilkan sebuah teater singkat yang sangat menyentuh, bahkan banyak penonton yang menangis melihat teater kami karena isinya menceritakan harapan kami sebgai anak yang membutuhkan perhatian.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan “Suara Anak Indonseia” yang dibacakan oleh pengurus Forum Anak Butta Toa yaitu Muh. Adwi Haska dan Zulfadilah Yuniarti NA Ilyas, yang berisikan tentang keinginan-keinginan serta harapan dan mimpi anak-anak Indonesia di segala bidang kehidupan. Dalam puncak perayaan HAN kali ini, ada sesuatu spesial yang akan diterima oleh FABT, yakni penghargaan DAFA AWARD sebegai Forum Anak Teraktif III se-Indonesia yang mana penghargaan tersebut diterima pada pelaksanaan HAN di Mataram, 23 Juli 2017. Penghargaan ini pun diberikan kembali oleh Pemerintah Kab. Bantaeng kepada FABT melalui Sekretaris Daerah, Bapak Abdul Wahab.

Pada kegiatan kami, para tamu dari Dinas PPPA Provinsi Sul-Sel juga terus mengikuti segala rangkaian acara yang kami selenggarakan, satu diantarnya adalah Bunda Meysi selaku Kepala Bidang Perlindungan Anak Prov. Sul-Sel. Tidak hanya mengikuti jalannya kegiatan, beliau juga membawakan materi mengenai Bahaya Pornografi Bagi Anak. Tentunya ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk membentengi diri dari kegiatan-kegiatan negatif. Lelah ?, tentu saja. Tetapi dengan semangat memperjuangkan hak anak, tidak ada halangan berarti bagi kami. Dapat dilihat dari kegiatan kami yang berlangsung bukan hanya sampai siang hari, tetapi berlanjut sampai sore hari.

Di sore hari, kami mengadakan pemutaran film dan bazaar makanan sehat. Selain bertujuan sebagai kegiatan untuk menggalang dana, kami juga ingin menyampaikan pesan secara tidak langsung untuk anak-anak yang mengikuti kegiatan ini. Dengan kegiatan bazaar film dan bazaar makanan sehat, tentunya kami ingin menawarkan tontonan serta makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi oleh anak seusia mereka.

Kami berharap, kegitaan ini bukanlah kegiatan seremonial semata. Semoga pesan dan perjuangan kami dalam rangka memperjuangkan hak anak Bantaeng dapat tersalurkan ke seluruh lapisan masyarakat, demi terwujudnya Kabupaten Bantaeng yang benar-benar layak bagi anak.
 
Source : Dokumen Pribadi
Kiriman Lainnya