Pesawat Berwarna Putih, Ini Alasannya.

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : www.google.com

Sering sekali kita melihat pesawat terbang di udara dengan begitu tingginya, atau bahkan mungkin sudah ada yang pernah merasakan bagaimana rasanya melihat awan dengan jelasnya dari dalam benda yang bisa menerbangkan kita tersebut,
 
Namun sadarkah kamu kenapa semua pesawat memiliki warna dasar putih? Bahkan tidak jarang juga yang semua warnanya putih hanya ada tulisan hitam yang menuliskan merk pesawat saja. Hmm kenapa ya? Yuk kita kepoin.
 
1. Memiliki sifat termal
Warna putih adalah reflektor hebat sinar matahari dan mencerminkan hampir semua cahaya yang jatuh di atasnya, tidak seperti warna lain yang menyerap beberapa cahaya. Jika ada cat pesawat selain warna putih, ini akan menyerap sinar matahari dan memanaskan badan pesawat. Selain merefleksikan sinar matahari, warna putih juga bisa menghindari badan pesawat dari pemanasan, yang nantinya tak hanya menguntungkan ketika pesawat sedang terbang, tetapi juga ketika pesawat parkir di landasan pacu. Alasannya karena dibutuhkan sedikit waktu untuk mendinginkan badan pesawat di cuaca yang cerah dan kondisi tanah yang panas. Bahkan, beberapa pesawat sebenarnya perlu untuk memiliki lapisan cat putih untuk menjamin struktural suara mesin terbang.

2. Lebih mudah dilihat ketika retak atau penyok terjadi di badan pesawat
Pesawat secara teratur diperiksa apakah terdapat retak, penyok, dan bentuk lain dari kerusakan permukaan (untuk alasan keamanan yang jelas). Tak ada warna yang bekerja lebih baik daripada putih ketika terdapat bercak hingga retak di permukaan badan pesawat yang hampir selalu lebih gelap. Nilai plus dari warna putih juga dalam sebuah pesawat adalah lebih mudah untuk diamati ketika terjadi kecelakaan, terutama pada malam hari.

3. Biaya Pengecatan Pesawat Tidaklah Murah
Dalam urusan uang, mengecat pesawat terbang tentu membutuhkan investasi yang cukup besar, baik dari segi uang, tenaga, dan waktu. Mengecat pesawat Boeing dan Airbus saja membutuhkan waktu antara dua sampai tujuh hari, tergantung dari anggaran dana. Jadi secara efektif berarti membutuhkan biaya operasi yang lebih tinggi.

4. Warna putih tak akan pudar
Saat terbang di ketinggian akan terkena berbagai kondisi atmosfer, pesawat terbang berwarna cenderung memudar sehingga membutuhkan banyak pekerjaan untuk mengecatnya agar mempertahankan estetika pesawat. Berbeda dengan pesawat berwarna putih yang tidak akan memudar secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara.
 
5. Pesawat berwarna memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah
Suatu perusahaan yang membeli pesawat berwarna berpotensi bahwa mereka mungkin harus mengecatnya menjadi putih, untuk berbagai alasan yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, masuk akal bahwa perusahaan akan membayarmu dengan harga yang lebih rendah untuk sebuah pesawat berwarna.



 
 
Source : www.google.com
Kiriman Lainnya