Oleh : Benyamin Manafe
Kategori : Permainan Traditional

Indonesia adalah negara yang memiliki beragam budaya, bahasa, dan agama, tidak hanya itu Indonesia juga adalah negara dengan alam yang menakjubkan beserta rempah-rempah maupun fauna dan flora. 
 
Permainan tradisional Indonesia termasuk kedalam ciri khas tersendiri dibandingkan negara lain. Indonesia sendiri memiliki permainan tradisional dari berbagai daerah dengan jumlah yang tidak sedikit. Tapi seiring dengan kemajuan teknologi permainan tradisional sedikit demi sedikit mulai punah dan jangan dimainkan lagi.

Permainan ini menjadi kenangan indah bagi kamu yang lahir di tahun 90 an. Untuk mengenang dan membangkitkan permainan tradisional agar terus bisa dimainkan oleh anak-anak Indonesia  jaman Now.

Sekarang yang saya akan bahas adalah tentang "Permainan Tradisional Abc Lima Dasar di Indonesia."
 
Masih ingatkah kamu dengan permainan yang satu ini? Nama 
permainan ini diambil karena kamu bermain abc an dengan mengunakan ke lima jari. Permainan ini mengharuskan kamu berfikir dengan cepat. Memainkan permainan tradisional yang satu ini tidak menggunakan alat apapun hanya menggunakan jemari kita sebagai perhitungannya.
 
permainan ini dimainkan oleh tiga sampai lima orang, semakin banyak semakin seru. Cara bermainnya mudah, kamu dan teman-temanmu menyepakati nama-nama yang nantinya akan menjadi tema, misalkan nama-nama hewan, nama-nama pemain bola atau nama-nama negara. Nama-nama tersebut akan menjadi tema permainan tradisional abc lima dasar.
 
Setelah itu menghitung jari-jari yang ada dan mulai berhitung dengan huruf alfabet. Contoh, semua jari yang keluar dari teman-teman ada 10 huruf alfabet kesepuluh adalah “H” nah huruf ini akan menjadi huruf nama-nama hewan yang berawalan huruf “H”.
 
Pemain yang menjawab paling akhir atau tidak bisa menjawab akan mendapatkan hukuman yang telah disepakati diawal permainan. Manfaat permainan ini adalah mempercepat kinerja berfikir otak.

SHARE


Benyamin Manafe

"Generasi muda , generasi penerus bangsa, mari semangat, berjuang, dan berkarya positif buat Nusa dan Bangsa dan Negeri kita. Generasi muda, generasi penerus bangsa pasti bisa."

Follow


3 Mading


Serunya bermain Bas-basan!

Kategori : Permainan Traditional

CARA BERMAIN DAN MEMBUAT EGRANG BATOK KELAPA

Kategori : Permainan Traditional

PERMAINAN BENTENG / BENTENGAN

Kategori : Permainan Traditional

Kenali Congklak-mu

Kategori : Permainan Traditional

Permainan Tradisional di Era 2017

Kategori : Permainan Traditional