Perayaan Hari Anak Universal Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Perayaan hari anak pada setiap negara dilaksanakan pada tanggal yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri Hari Anak Nasional (HAN) dilaksanakan pada tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. 1 Juni diperingati sebagai hari anak Internasional, pada event ini persoalan anak-anak didunia dibahas  dan akhirnya membuat dewan memutuskan secara resmi menghormati hak anak diantaranya hak hidup, pendidikan, dan kesehatan. Pada tanggal 20 November 1959, Majelis Umum mengajukan Deklarasi Hak-Hak Anak. Tak kurang dari 191 negara menandatangani deklarasi tersebut. Hal tersebut membuat tanggal 20 November dikenal sebagai Hari Anak Universal.

Sehubungan dengan Hari Anak Universal, pada tanggal 20 November 2016, Forum Anak Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan kegiatan membagikan balon kepada anak-anak sekaligus menyosialisasikan secara singkat kepada masyarakat tentang seberapa pentingnya peran mereka dalam mengohormati, peduli, dan menghargai hak-hak anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Anjungan Pantai Talise kota Palu, tujuan dari kegiatan ini ialah menunjukan kepada masyarakat jika perayaan hari anak universal tidak bermanfaat jika hanya sekedar di peringati namun perayaan Hari Anak Universal berfungsi jika masyarakat mau meluangkan sedikit tenaga, waktu, dan pikiran demi kesejahteraan anak-anak.

Pada kegiatan perayaan Hari Anak Universal ini, anggota Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah berupaya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat Sulawesi Tengah akan pentingnya menjunjung tinggi hak anak tanpa melupakan kewajiban seorang anak untuk menghormati orang yang lebih tua. Tak sedikit anak zaman sekarang, kurang menghargai orang yang lebih tua dan lebih menggunakan haknya di arah yang salah. Oleh karenanya, melalui perayaan ini, Forum Anak Sulawesi Tengah membagikan brosur kepada setiap anak dan orangtua mengenai hak dan kewajiban anak. Ditambah lagi dengan balon dan permen yang diberikan kepada setiap anak yang ada di lokasi perayaan saat itu.

Melalui kegiatan ini, upaya penyadaran akan adanya eksistensi 4 hak dasar anak yaitu : hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi perlu diketahui dan diakui oleh setiap warga negara Indonesia. Terkhusus hak partisipasi anak, bahwa anak merupakan seseorang yang harus didengar pendapatnya, dihargai, dan tidak dipandang sebelah mata atas aspirasi dan pendapatnya yang berpotensi dapat menjadi kontribusi dalam sebuah pencapaian tujuan nasional. Karena isu atau problematika keseharian yang sering didapatkan di Prov. Sulawesi Tengah, tidak sedikit ditemui orangtua yang mengatakan, “Kamu masih kecil. Belum tahu apa-apa,” yang secara tidak langsung, perkataan yang dilontarkan tersebut dapat menghambat tumbuh kembang anak dalam berproses menjadi manusia yang berkualitas. Atas dasar itu, perayaan Hari Anak Universal menjadi ajang Forum Anak Sulawesi Tengah untuk memberikan penyadaran arti penting tegaknya hak anak yang tak lupa juga untuk menjunjung tinggi eksistensi kewajiban seorang anak untuk menghormati orang yang lebih tua, sopan santun, dan etika berbahasa maupun bertindak. Perayaan Hari Anak Universal ini, terkesan sederhana saat car free day berlangung. Dan kegiatan ini diterima baik oleh masyarakat sekitar. Forum Anak Sulawesi Tengah berharap, agar setiap orang dapat menghargai setiap persepsi dan pendapat anak, bahwa hak partisipasi anak juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena semua manusia, memiliki hak yang sama untuk menyuarakan aspirasinya demi pembangunan nasional yang lebih baik.
 
Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya