Penyelamatan Lahan Bermain

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Forum Anak Mahasatu telah melakukan rencana tindak lanjut dengan melakukan satu aksi untuk menyelamatkan lahan bermain anak yang digunakan oleh warga menjadi TPS non-resmi.  Kami memilih lahan yang ada di Dusun Payan ini karena kebetulan kami mendapat informasi dari anggota kami sendiri yang mengalami dampaknya secara langsung.  Lahan yang dulunya dapat digunakan untuk bermain sepak bola, layang-layang dan lain-lain kini telah dipenuhi tumpukan sampah berserakan. Bahkan sampah yang ditumpuk disitu belum memiliki sistem pengolahan sampah yang baik. Jadi ketika sampah menumpuk warga akan membakarnya. Hal ini juga berdampak kepada kesehatan anak anakdsi sekitar lahan tersebut sekaligus mempercepat terjadinya pemanasan global. Jika terjadi pemanasan global maka iklim menjadi tidak stabil dan banyak bencana yang terjadi.

Persiapan awal kami adalah membuat proposal dan survei lapangan. Saat survei pun kami melihat anak-anak di daerah itu bermain layang-layang di pinggir jalan. Baru setelah itu Forum Anak Mahasatu Kota Batu melakukan kerjasama dengan Form Anak Desa Punten untuk melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat. Koordinasi di lakukan di rumah Kepala Desa Punten, Kepala Dusun Payan dan RW. Koordinasi dilaksanakan pada tanggal 14-16 Mei 2017.

Sebenarnya kami akan menyebar angket untuk anak-anak dan masyarakat sekitar tentang
kenyamanan mereka tentang kondisi lahan tersebut. Tetapi saat koordinasi awal dan permohonan ijin pak RWkeberatan, sehingga kami hanya bisa melakukan koordinasi dan merekomendasikan pada pemerintah desa.
Hasil dari monitring ini adalah disepakatinya bahwa lahan itu di bagi menjadi 3 bagian, yaitu lahan bermain anak, tempat edukasi pengolahan sampah kompos, dan lahan untuk GAPOK Tani Dusun Payan.
 
 
Source :
Kiriman Lainnya