Pemilihan Duta Anak Kota Palu 2017

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumen Forum Anak Kota Palu

Kota Palu merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi tengah. Di kota ini sendiri, terdapat 76.418 anak dari total 335.297 penduduknya. Sebuah angka yang tidaklah sedikit. Tingkat pemenuhan hak anak di kota ini dari tahun ke tahun mengalami perbaikan dan peningkatan berkat kerja sama yang solid antara pemerintah kota, dinas pemberdayaan perempuan & perlindungan anak kota palu serta anggota forum anak nosarara kota Palu itu sendiri. Namun, tentu saja masih banyak hal yang mesti dibenahi, masih banyak anak yang mesti diperhatikan kehidupannya, apakah ia hidup dengan layak/tidak, apakah hak dan kewajibannya terpenuhi. Untuk itulah mengapa kami pengurus Forum Anak Nosarara kota Palu mengadakan pemilihan Duta Anak Kota Palu 2017. Pemilihan ini dilatar belakangi oleh suatu pemikiran bahwa setiap anak berhak mendapatkan pemenuhan hak dan kewajibannya, terlepas dari apakah ia seorang anak berkebuthan khusus ataukah tidak.

Pemilihan duta anak kota palu ini sendiri diselanggarkan mulai dari tanggal 6 Maret-5 April 2017 dengan sasaran seluruh anak Kota Palu yang berusia 15-17 tahun. Kemudian terdapat 52 orang pendaftar yang berasal dari jenjang SMP dan SMA. Kami melakukan berbagai tahapan seleksi agar nantinya terpilih 12 orang duta ( 2 orang duta umum dan 10 orang duta bidang) di 5 bidang (pendidikan,kesehatan,lingkungan,perlindungan khusus, serta sosbud) yang betul-betul mampu mengemban tugas dengan baik dan cakap selama setahun menjabat. Tahapan itu meliputi test wawancara, presentasi khusus, karantina, dan malam budaya. Malam puncak penobatannya sendiri dilakukan pada 15 April 2017 dengan mengambil tempat di Millenium Waterpark Palu sebagai tempat rekreasi umum agar masyarakat dapat lebih leluasa menghadiri dan lebih mengenal secara dekat mengenai duta anak ini. Adapun dewan juri dari kegiatan ini berasal dari Dinas Pemberdayaan & Perlindungan Anak Kota Palu serta aktivis dan badan/instansi pemerhati anak lainnya di Kota Palu.

Selaku panitia yang seluruhnya merupakan anak-anak usia sekolah, mengadakan kegiatan sebesar ini tentulah tidak mudah. Kami dituntut untuk seprofessional mungkin dalam melaksanakan tugas dan membedah anggaran yang kami dapatkan. Miss komunikasi antar panitia tak jarang terjadi dikarenakan masing-masing memiliki kesibukan tersendiri di sekolahnya. Untuk itulah Evaluasi/briefing tiap selesai kegiatan terus kami lakukan agar kinerja tetap terjaga dan tak lupa saling mengingatkan kepada teman-teman panitia lain mengenai berbagai hal.Walaupun terkadang sampai harus briefing tengah malam, letih dan lesu tidak kami hiraukan. Yang penting bagi kami yang terhimpun di kepantiaan adalah terus bekerja sebaik mungkin mensukseskan kegiatan ini sehingga harapan kami semua dapat terwujud, yaitu terwujudnya Kota Palu yang ramah anak berkat usaha bersama dari 12 orang duta anak terpilih dan forum anak nosarara kota palu beserta forum anak kelurahan lainnya. Karena kami yakin, bersama kita kuat, bercerai kita runtuh.

Sesuai dengan sebuah motto kuat yang menyatukan kami di Forum Anak Nosarara Kota Palu, “Kami Ada, Kami Berbagi karena Kami Peduli”.
 
Source : Dokumen Forum Anak Kota Palu
Kiriman Lainnya