Pelatihan Sub Sistem Data Online Bagi Forum Anak

Basengat ka' jubata
(Arus, Arus, Arus)

Hallo... Perkenalkan Saya ipin dari Kalimantan Barat
Serta asal Kabupaten Kubu Raya, Kecamatan Sungai Raya, Desa Parit Baru.

Yuk, Dengar Cerita menarik dari nya

Saya sangat senang dan bangga bisa terpilih sebagai salah satu perwakilan provinsi saya untuk mengikuti pelatihan sub sistem data online bagi forum anak, bangga bahkan menangis saat dinyatakan bahwa saya yang akan berangkat, orang tua saya pun merasa bangga

Saya turun dari rumah pukul 05.00 WIB untuk berangkat ke bandara Supadio International Airport Pontianak dengan mengendarai Ojek yang telah dipesan oleh orang tua saya

Setibanya dibandara saya langsung masuk dan chek in untuk mendapatkan boarding pass yang baru untuk keberangkatan Jakarta. Saya terbang bersama garuda indonesia yang penuh dengan layanan yang luar bisa

Setelah beberapa menit saya berada diudara dan saya pun sampai ke Tanggerang Banten Bandara Soekarno Hatta terminal 3
Setelah sampai saya keluar dari pesawat dan langsung menuju ke pengambilan bagasi, setelah mengambil barang saya keluar melalui pintu 4 .nah, setelah keluar saya disambut oleh 2 orang fasilitator yang akan menemani saya yaitu kak Rizal dan kak Resandi. Pada saat keluar, baru saya lah yang datang setelah hadir nya beberapa provinsi yang telah di antar terlebih dahulu ke Hotel dimana tempat kegiatan berada. Saya duduk dan cerita cerita bersama fasilitator yang menjemput saya di bandara sekaligus menunggu teman teman yang lain yang tiba juga di bandara soetta.

Nah, setelah melalui beberapa menit kami berkumpul dan bergabung bersama teman teman yang telah tiba bersama di bandara soetta. Setelah itu kami diarahkan oleh fasilitator untuk berangkat menuju ke hotel Red Top Pecenongan Jakarta Pusat. Nah untuk menuju ke hotel kami di dampingi fasilitator untuk naik mobil grab. Setelah fasilitator mencari grab dan akhirnya didapatkan dan kami pun berangkat mengendarai mobil grab. Didalam mobil grab kami pun sharing sharing bersama teman teman tentang Forum Anak serta kami kewalahan karna kami terkena macet dan di daerah saya belum pernah saya rasakan bagaimana sensasi terkenanya macet di Jakarta.

Setelah itu, saya tiba dihotel red top. Dan saya pun sangat senang sekali bisa bertemu teman teman terbaik yang berada diseluruh Indonesia

Saat awal jumpa mereka saya sangat senang sekali karna pada saat itu mereka juga menunjukan karakter mereka di daerah masing masing. Sedih nya setelah kami dibagikan kamar masing masing ada salah satu teman kami yang menangis karna kurang nya pengawasan yaitu laptop nya hilang yang ditukar dengan bungkusan buku oleh orang yang mengambil nya. Sore hari kami bersenang senang saling kenalan bermain bersama serta foto foto. dan kami pun mencari makanan juga disekitaran hotel yaitu masakan padang dan akhirnya kami pun makan bersama.

Saat malam tiba sehabis maghrib kami pun di arahkan juga untuk makan bersama yaitu direstoran hotel red top. Nah, setelah makan kami juga bersiap siap untuk mengikuti pembukaan acara. Setelah pembukaan kami senang lagii karna kami dibagikan barang barang yang sangat berharga bagi kami yaitu seperti jaket, tas, dll deh yang seneng banget untuk dibawa pulang. Nah, setelah pembukaan selesai serta pembagian barang barang kamii langsung mendapatkan materi yang sangat sangat bermanfaat yaitu tentang KHA. Nah setelah selesai materi (22.00 WIB) kami meminta kepada fasilitator waktu tidur nya ditunda beberapa menit hehee karena kami ingin berbagi makanan khas daerah kami masing masing yang telah dibawa karena kami takut makanan itu menjadi basii. Akhirnya pun kami di izinkan. Setelah selesai makan kami kembali ke kamar masing masing untuk tidur.

Ke esokan hari nya 18 Oktober 2017 . kami lanjut dan siap mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan. Setelah bangun tidur kami pun sarapan serta cerita cerita hal hal yang menarik dari teman teman seluruh indonesia. Nah setelah makan kami lanjut kegiatan yaitu pembagian hadiah untuk cerita yang menarik selama perjalanan dari rumah masing masing hingga tiba nya di hotel. Nah, hadiah nya langsung diserahkan oleh pak dermawan loh. Setelah itu lanjut dengan materi dari pak dermawan yaitu tentang 2P. Nah, menariknya setiap pergantian sesii kami diselingii pembagian oleh oleh yang bermanfaat sepertii barang yang menarik serta ilmu dari pihak fasilitator. Setelah itu kami juga lanjut dengan materi lanjutan yaitu tentang KHA. Nah setelah beranjak siang kami juga di ajarii bagaimana menulis laporan yang baik dan benar tanpa adanya Asumsi, dan laporannya harus sesuai fakta dengan apa yang dilihat. Nah setelah itu kami makan siang dan dilanjut kan dengan pembagian kelompok dari gabungan beberapa provinsi. Dari seluruh provinsi yang ada kami dibagi kelompok. Kebetulan pada waktu itu kelompok saya ada 6 orang serta 1 fasilitator dan kami mendapat tugas untuk berkunjung/mendatangi RPTRA yang ada dijakarta. Nah, saya berserta teman teman yang lain tidak bisa membayangkan RPTRA(Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) disana seperti apa karna kami baru pertama kali bisa ke RPTRA. Saya pada waktu itu mendapatkan RPTRA Kenanga nah untuk kesana kami harus berjalan kaki dari hotel untuk naik busway yang ada dijakarta setelah turun kami harus naik lagi yaitu menggunakan bajaj. Setelah naik bajaj kami diantar hingga ke lokasi dimana RPTRA Kenanga Berada. Setelah tiba disana kami masuk dan cerita ke pihak/pimpinan yang berada disana cerita lah apa tujuan kami, asal kami juga, serta berkenalan juga dengan adik adik yang bermain disana. Nah saat disana kami juga dijelaskan oleh ibu pengurus nya keadaan RPTRA disana, serta prestasi nya juga, asal mula nya juga.
Senang bisa bermain dengan adik adik disana yaitu kami barmain ular tangga. Dan kami disana juga memberikan hadiah sebagai kenang kenangan kami disana. Nah setelah selesai kamii berfoto dan mendokumentasikan kegiatan kami disana.
Setelah kami selesai dari kegiatan disana kami akhir nya pulang dengan tujuan awal nya kami ingin ke monas. Kamii harus jalan kaki mencari terminal busway disertai dengan hujan juga serta macet nya kendaraan kendaraan dijakarta. Sehingga kami sedikit demi sedikit harus berteduh dan berhenti. Hari pun mulai malam. Dan akhir nya kami terus berjalan dan bertemu lah terminal busway nya. Setelah itu kami naik busway dan akhir nya tiba di terminal yang di ingin kan. Hari pun malam dan hujan pun semakin lebat dan keputusannya kami batal untuk ke monas karna hari sudah malam. Dan kami pun jalan kaki kembali untuk kembali ke hotel. Setiba nya dihotel kami semua kembali ke kamar masing masing terus mandi dan ganti baju. Setelah itu kamii makan malam. Setelah makan malam kami lanjut kegiatan sekaligus cerita cerita setiap kelompok bagaimana kegiatan di RPTRA nya, serta apa yang dirasakan. Setelah itu kamii diberi web forum anak yang mana web itu harus kami jalani serta memudahkan kami dalam membuat laporan serta dapat tahu aktivitas kegiatan dari daerah lain.kami pun melakukan penguji cobaan. Nah setelah itu kamii harus istirahat kembali. Tetapi kami sedih karna malam itu adalah malam terakhir bagi kami. Akhir nya kami foto foto serta menghabiskan waktu bersama mereka.

Saya juga menangis pada malam itu karna malam itu adalah terakhir bagi kami apalagi subuh nya akan ada teman kami dari daerah timur harus berangkat duluan ke kampung halaman mereka

Malam hari nya kami semua berkumpul di satu kamar kami menjadi satu serta barmain bersama, cerita juga bersama. Nah setelah jam 01.00 kami kembali kekamar masing masing dan kami akhir nya tidur semua.

Keesokan hari nya saya kesiangan yaitu bangun jam 09.00 tanpa disadari. Teman teman saya semua pada sudah bangun dan saya kesiangan. Mereka pagi pagi yang belum pulang pun pergi ke monas apalah daya saya yang hanya tidur. Dan saya mandi setelah itu makan.

Setelah makan dan mereka kembali ke hotel kami langsung mengikuti penutupan. Sedih rasa nya karna kami semua baru saja berkumpul dan harus berpisah lagi. Dan saya sudah packing dari malam karna saya juga harus ke bandara soetta jam 12.00 karna pesawat yang dipesan akan terbang pukul 17.10 selama diperjalanan saya lagi lagi terkena macet dan saya pun sampai di bandara soetta pukul 15.20 langsung chek in. Dan menunggu di ruang tunggu. Dan akhir nya saya terbang. Selama di udara saya membaca semua surat dari teman teman yang telah menyurati saya. Hingga saya nangis tak tahan dengan kenangan yang ada. Sampai lah saya dikampung halaman. Hingga tiba dirumah.

Ilmu apa yang saya dapatkan serta pengalaman yang luar biasa akan tetap saya bagikan agar anak anak di daerah saya mampu dan mau terus belajar untuk masa depan nya. Ilmu ilmu yang luar biasa serta semua materi yang ada akan saya tularkan juga melalui virus kemampuan saya .

Pemimpin yang hebat bukanlah pemimpin yang dapat menciptakan banyak pengikutnya, tetapi pemimpin yamg hebat ialah pemimpin yang dapat menciptakan banyak pemimpin pemimpin baru