PEDULI BIMA TRAUMA HEALING BERSAMA KAK SETO (FORUM ANAK NTB)

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak NTB

Halo Anak Sasambo !
Halo Anak Indonesia !

Forum Anak NTB melakukan kegiatan trauma healing di Bima selama 2 hari dari tanggal 29-30 Desember 2016. Rombongan kami berangkat dari Mataram pada Kamis (28/12), sekitar jam 1 siang dan tiba di Bima sekitar jam 8 pagi keesokan harinya.  Setiba kami di Bima, kami dijemput oleh perwakilan dari Forum Anak Kota Bima untuk menentukan sasaran dari trauma healing yang akan kami lakukan. Namun, sebelum itu kami pergi kerumah salah satu rekan dari pendamping kami untuk sarapan sekaligus istirahat sebentar sebelum nantinya kami langsung menuju tempat trauma healing akan dilaksanakan.

Setelah istirahat sebentar, kami langsung menuju lokasi trauma healing di sebuah masjid yang dijadikan pengungsian sementara di Monggonao. Disana juga hadir Asdep Perlindungan Hak Perempuan Dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus, Kepala BP3AKB Provinsi NTB, Ketua LPA Mataram, Kak Leni, relawan dan juga reporter. Anak-anak disana sangat antusias ketika kami mengajak mereka untuk menyanyikan yel-yel dan menghibur mereka dengan candaan khas anak-anak. Setelah itu kami mengajak anak-anak untuk senam 3ends bersama, tak lupa juga kami membagikan snack dan susu, namun sebelum itu kami mengajarkan anak-anak cara mencuci tangan yang baik dengan cara yang menyenangkan supaya anak-anak merasa senang dan terhibur, tapi tetap mendapatkan edukasi dibalik itu. Sebelum kami balik dan check in kamar hotel, kami berdoa bersama agar bencana seperti ini tidak datang lagi. Setelah itu kami pergi ke hotel tempat kami menginap untuk istirahat dan bersiap melanjutkan trauma healing esok hari.
 
Keesokan harinya, kami melanjutkan trauma healing di daerah Salama, disana kami ditemani Kak Seto, raut wajah ceria terlihat ketika kami bersama-sama menghibur anak-anak yang ada disana, mulai dari permainan, yel-yel dan sulap yang dibawakan oleh Kak Seto Setelah dari daerah Salama, kami langsung menuju GOR KONI karena disana juga terdapat banyak anak-anak. Setiba kami disana, kami langsung mengajak anak-anak bermain ular tangga, main bola, dan permainan edukatif lainnya. Seperti biasa, kami tetap membagikan snack dan susu untuk anak-anak disana. Karena berhubung hari Jum’at, kami balik ke penginapan untuk melaksanakan sholat Jum’at dan istirahat karena di sore harinya kami akan menuju tempat pengungsian yang lain.

Sore harinya, kami menuju dua lokasi, lokasi pertama yaitu salah satu masjid di daerah Penaraga dan lokasi kedua Kelurahan Bedi. Ketika kami tiba di masjid, ada banyak anak-anak yang sedang bermain di halaman masjid, kami lalu menghampiri mereka dan membagikan permen untuk mereka sambil bermain bersama. Setelah itu kami langsung menuju Kelurahan Bedi untuk membagikan makanan dan alat mandi untuk anak-anak dan warga disana, kami menelusuri kampung dan langsung membagikan yang kami bawa pada warga dan anak-anak. Karena waktu sudah menjelang petang, kami pun balik ke penginapan.

“Saya merasa tersanjung karena teman-teman sudah mau peduli sama teman-teman di Bima yang terkena musibah banjir dan saya juga mengucapkan terima kasih sama teman-teman Forum Anak NTB karena sudah menghibur dan bermain bersama anak-anak di Bima yang terkena musibah banjir” ujar Omar Qilya sebagai perwakilan dari Forum Anak Kota Bima. Ade Matao sebagai perwakilan dari Forum Anak NTB juga mengatakan “Saya sangat senang karena saya bersama teman Forum Anak NTB dapat berguna bagi teman-teman yang sedang terkena bencana banjir”

Dan tak terasa kami sudah melaksanakan kegiatan trauma healing disana selama dua hari, sekitar jam 9 malam kami balik dari Bima dan sampai di Mataram sekitar jam setengah 11 pagi keesokan harinya. “Saya merasa sangat senang bisa membantu teman-teman di Bima dan juga koordinasi antar forum anak provinsi dengan kabupaten sangat bagus jadi kami bisa lebih mudah dalam menjangkau anak-anak yang membutuhkan pertolongan” Ujar Kak Ika sebagai fasilitator dan pendamping Forum Anak NTB selama kegiatan trauma healing di Kota Bima.

Forum Anak NTB merasa sangat senang dan bangga karena bisa dapat ikut membantu meringankan beban anak-anak yang sedang terkena bencana di Bima, terima kasih juga kepada BP3AKB provinsi NTB yang telah membiayai dan memfasilitasi kami selama melaksanakan kegiatan trauma healing serta instansi dan pihak-pihak yang telah mensupport kami dalam kegiatan ini. Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi anak-anak yang terkena bencana di Bima, dan kami dapat selalu turut berperan aktif dalam menegakkan hak dan kewajiban anak khususnya di Provinsi NTB.
 
Nama anggota Forum Anak NTB yang berangkat ke Bima
Forum Anak Mataram              : Ade Matao S.
                                               Delvi Eka R.
Forum Anak Lombok Barat      : Ilma Zulfahmi
Forum Anak Lombok Timur     : Hidayatul Azkia
                                               Novi Laely
Forum Anak Samawa             : Julian Fathi
                                              Salsabila Mustaan
 
Source : Forum Anak NTB
Kiriman Lainnya