PARTISIPASI FORUM ANAK PANRANNUANG TAKALAR DALAM MEWUJUDKAN KAWASAN TANPA ROKOK

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Kabupaten Takalar sebagai salah satu kabupaten di Indonesia tentunya tidak dapat terhindar dari kehadiran rokok. Rokok telah menyebar hingga ke pelosok desa maupun perkampungan. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah kabupaten Takalar telah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Selanjutnya, Perda ini menanti adanya upaya penegakan dan acuan dalam membatasi maraknya kebebasan mengonsumsi rokok di beberapa Area.

Menyikapi hal tersebut, kehadiran Forum Anak Panrannuang Takalar selaku perpanjangan tangan dari Dinas Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DK2P3A) Kab. Takalar mengambil peranan penting dalam upaya penegakan peraturan daerah tersebut serta mencegah pengaruh rokok dikalangan usia anak.

Partisipasi Forum Anak Panrannuang Takalar berupa pembuatan pamvlet serta menyebarkan keberbagai titik atau tempat yang ada di Kabupaten Takalar. Tindakan ini dilakukan untuk menginformasikan kepada masyarakat Takalar tentang adanya batasan area terkhusus area umum untuk mengonsumsi rokok. Selain bertujuan untuk membatasi maraknya kebebasan dalam mengonsumsi rokok di area umum, kegiatan ini menghalangi secara langsung pandangan seorang anak terhadap konsumen rokok. Mengingat kebiasaan seorang  anak berawal dari rasa penasaran melalui indra Visualnya, selanjutnya ingin mencoba-coba, dan berakhir pada kebiasaan. Adanya kegiatan ini diharapkan mampu mencegah anak Takalar dalam mengonsumsi rokok.

Kegiatan pembuatan dan pemasangan pamvlet kawasan bebas Rokok dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 18 Maret 2017 di Sembilan kecamatan yang terdapat di kabupaten Takalar. kegiatan ini diharapkan  dapat diterima serta dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Takalar serta mencegah pengguna rokok oleh usia anak.

Semoga kedepannya Kabupaten Takalar dapat menjadi kabupaten sejahtera yang ramah terhadap anak.
Source :
Kiriman Lainnya