Oleh : TulisanKinari
Kategori : Forum Anak

Salah satu kunci optimalisasi tahap perkembangan anak adalah dari terpenuhinya kebutuhan nutrisi. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting dalam memberikan nutrisi yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan dapat mengembangkan bakat yang ia miliki. Apa saja nutrisi yang harus diberikan untuk anak agar tumbuh kembangnya maksimal? Simak ulasan kami berikut ini.

Berbicara mengenai nutrisi untuk tumbuh kembang anak, ada banyak sekali jenis dan memiliki manfaatnya masing-masing. Dari manfaat untuk tumbuh kembang tulangnya, hingga manfaat meningkatkan kecerdasan anak. Nutrisi-nutrisi haruslah dipenuhi dan diberikan secara lengkap agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat sempurna. Nah, sebagai orang tua, kenali dulu nutrisi-nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak agar dapat memenuhinya.

Kebutuhan Nutrisi Kembang Anak

  • Protein

Salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan anak dalam tumbuh kembangnya adalah protein. Manfaat protein sendiri adalah untuk untuk membantu pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan-jaringan tubuh anak. Selain itu, protein dapat juga membantu proses penyembuhan anak dari penyakit. Nah, untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi protein anak, bunda bisa berikan tahu, tempe, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin dan Mineral

Selain protein, kebutuhan mineral dan vitamin juga perlu untuk diperhatikan lho bun.. Misalnya, vitamin A bermanfaat dalam membantu fungsi mata dengan lebih baik, pertumbuhan kulit, kuku, rambut bahkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu ada juga vitamin D yang berfungsi dalam pertumbuhan tulang anak. Dan vitamin D3 yang membantu dalam menyerap kalsium secara maksimal. Vitamin dan mineral bisa anak dapatkan dari sayur-sayuran dan buah.

  • Lemak

Nutrisi lainnya yang juga berfungsi untuk tumbuh kembang anak adalah lemak. Lemak sendiri merupakan sumber energi yang terkonsentrasi dan memberikan dua kali lipat energi dibanding yang diperoleh anak dari karbohidrat. Lemak bermanfaat melarutkan vitamin seperti vitamin A,D,E,K. Sumber lemak dapat didapatkan dari susu, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

  • Karbohidrat

Selain lemak, sumber energi anak didapatkan dari nutrisi karbohidrat. Untuk anak balita yang sangat aktif dengan aktivitas belajar dan bermainnya, karbohidrat sangat penting dalam membantu asupan energinya. Setiap satu gram karbohidrat yang dikonsumsi anak memiliki energi empat kalori. Kebutuhan nutrisi karbohidrat bisa bunda dapatkan dari bahan makanan seperti beras, gandum, singkong dan kentang.

  • Cairan

Cairan merupakan salah satu nutrisi yang juga penting untuk diperhatikan. Anak juga sama seperti orang dewasa yang membutuhkan cairan dalam melumuri sendi-sendiri tulang dan membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Kebutuhan cairan ini yang sering kali dilupakan, padahal juga penting karena dapat mencegah anak dari dehidrasi. Bunda bisa berikan susu atau air mineral 2 lt setiap hari untuk pemenuhan kebutuhan cairan anak.

  • Kalsium

Nutrisi penting terakhir bagi anak adalah kalsium. Kalsium sendiri memiliki fungsi yang penting bagi pertumbuhan tulang. Apalagi pada usia-usia belita, pertumbuhan tulang anak masih dalam masa pertumbuhan dan pembangunan. Untuk pemenuhan kebutuhan kalsium anak bunda bisa berikan susu pertumbuhan anak, dan makanan lain yang kaya akan kalsium.

  • Omega 3

Perkembangan otak anak juga merupakan salah satu tumbuh kembang anak yang perlu dioptimalkan. Berikan asupan makanan yang mengandung omega 3 seperti dari minyak ikan dan ikan salmon untuk memaksimalkan otak anak berkembang.

Nah, itulah beberapa nutrisi penting yang perlu untuk mengoptimalkan tahap perkembangan anak. Penuhi kebutuhan nutrisi anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal. Semoga bermanfaat

SHARE!

TulisanKinari

""

Follow


5 Mading