Nikah di usia anak? No way! -Forum Anak Dumai-

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Dumai

Pernikahan dini banyak terjadi dari dahulu sampai sekarang. Kebanyakan para pelaku pernikahan dini tersebut adalah remaja desa yang memiliki tingkat pendidikan kurang. Remaja desa kebanyakan malu untuk menikah pada umur 20 tahun keatas. Anggapan remaja desa lebih memungkinkan untuk menikah diusia muda karena disana ada anggapan atau mitos bahwa perempuan yang berumur 20 tahun keatas belum menikah berarti “Perawan Tua”. Persoalan mendasar dari seorang anak perempuan yaitu ketika dia memasuki usia dewasa, banyak orang tua menginginkan anaknya untuk tidak menjadi perawan tua. Menjadi perawan tua bagi kebanyakan masyarakat dianggap sebagai bentuk kekurangan yang terjadi pada diri perempuan. Untuk itu, dalam bayangan ketakutan yang tidak beralasan banyak orang tua yang menikahkan anaknya pada usia muda. Kondisi itulah yang menjadikan timbulnya persepsi bahwa remaja desa akan lebih dulu menikah dari pada remaja kota. Anggapan-anggapan tersebut muncul karena kurangnya pengetahuan dari masyarakat mengenai pentingnya pendidikan bagi remaja.

Pernikahan usia dini akan berdampak pada kualitas anak, keluarga, keharmonisan keluarga dan perceraian. Karena pada masa tersebut, ego remaja masih tinggi.Dilihat dari aspek pendidikan, remaja Di Dusun Nglamuk mayoritas lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kebanyakan dari mereka tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dikarenakan faktor sosial budaya dan tingkat pendidikan rata-rata orang tua mereka juga rendah, sehingga kurang mendukung anak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Melihat kondisi tersebut, peran Forum Anak Dumai sebagai Pelapor dan Pelopor sangat berguna untuk menyadarkan anak-anak dan para orang tua bagaimana dampak dan pencegahan pernikahan usia anak. Melalui sosialisasi ke berbagai sekolah-sekolah yang ada di Kota Dumai, diharapkan mampu meminimalisir dan mengurangi angka pernikahan usia anak khususnya yang berada di Kota Dumai.

Sosialisasi ini dilakukan oleh teman-teman kita dari Forum Anak Dumai Barat  dengan bermodalkan pengetahuan dan materi yang cukup mengenai pencegahan dan bahaya dari pernikahan usia anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 21 Maret 2017. Forum Anak Dumai Barat meminta izin dari P2TP2A Kota Dumai dan sekolah-sekolah yang akan dikunjungi, dan Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diterima sangat baik oleh anak-anak yang diberi materi Stop Pernikahan Usia Anak.
 
Source : Forum Anak Dumai
Kiriman Lainnya