Mimpi Anak Indonesia Dari Negeri Tetangga

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumen Pribadi

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau besar dan kecil, lebih kurang sebanyak 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tetapi, apakan teman-teman tahu bahwa ada Indonesia lain diluar sana? 

Pada tanggal 9  Februari 2017, sebanyak 30 pemuda-pemudi Indonesia mengikuti kegiatan pemuda mendunia 2017 program Studec International, pemuda-pemudi tersebut memiliki background yang berbeda-beda, ada dari tenaga medis, tenaga pendidik, psikolog, mahasiswa, dan banyak lagi. Salah satu dari pemuda-pemudi tersebut adalah Saya, pada kegiatan tersebut Saya memilih untuk menjadi perwakilan Forum Anak seluruh Indonesia.

Sekolah Klang, merupakan Sekolah yang didirikan atas pasar komunitas untuk membantu akses pendidikan anak-anak TKI ilegal yang berada di Kawasan Malaysia. Anak-anak TKI ilegal tidak mendapatkan akses pendidikan di wilayah Malaysia karena tidak memiliki izin tinggal dan pasport sehingga sering menjadi buronan dari petugas imigrasi Malaysia. Akses pendidikan di Sekolah ini dari SD kelas 1 hingga SMP kelas 9, menggunakan kurikulum Indonesia dan mengajar dengan Bahasa Melayu.

Kami para tutor terpilih ditugaskan untuk mengajar di sekolah Klang selama 1 hari penuh, menceritakan tentang keberagaman, kekayaan, dan keramah-tamahan Indonesia. Sekolah Klang ini sebenarnya memiliki tenaga pendidik atau guru hanya satu orang, yaitu Cikgu Wardani, seorang wanita asal Surabaya yang rela memberikan hampir seluruh waktu, tenaga, dan materi untuk diabdikan kepada anak-anak Indonesia yang ada di wilayah Klang. Hingga pada akhirnya beberapa minggu yang lalu bertambah 2 orang guru yang dikirim dari Indonesia untuk membantu Cikgu Wardani dalam mendidik anak-anak tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Saya dan beberapa teman lainnya ditugaskan pada pos pengenalan peta Indonesia, antusiasme dan rasa ingin tahu adik-adik disana sangat luar biasa, mereka begitu seriusnya dalam memperhatikan saya menjelaskan dengan metode bercerita tentang wilayah yang ada di Indonesia, merah putih sebagai warna bendera Indonesia, Garuda sebagai lambang negara Indonesia, dan banyak lagi. Kami para tutor juga ditugaskan mendampingi adik-adik dalam membuat dream book, pada bagian ini Kami seluruh tutor benar-benar tidak mampu membendung air mata. Kami diminta untuk menceritakan ribuan mimpi Kami, bahkan mimpi untuk berkeliling Dunia, namun tidak dengan mereka yang hanya memiliki mimpi sederhana, bahkan salah satu dari mereka berkata

"Saye tak punye mimpi banyak Cikgu, Saye cume nak mau balek kat Indonesia Sahaje"

"Saya tidak punya mimpi banyak guru, Saya cuma mau kembali ke Indonesia saja"

mimpi tersebut bener-benar membuka mata hati Saya dan teman-teman. Saya benar-benar telah gagal menginspirasi mereka, karena pada akhirnya merekalah yang malah menginspirasi Saya dan teman-teman lainnya.

Dari kegiatan tersebut Saya benar-benar merasakan Indonesia yang sesungguhnya, kegiatan ini juga semakin membuat Saya percaya bahwa ternyata benar semakin jauh kita meninggalkan Indonesia akan membuat kita semakin cinta dan kangen akan Indonesia, seperti yang dijelaskan pda lagu Tanah Air Ku ciptaan Ibu Sud

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

...

seaman-aman nya yang Saya rasakan di negeri orang, semegah apapun, selengkap apapun fasilitas yang ditawarkan, tapi rasanya tidak ada yang lebih nyaman dari Indonesia. Itulah juga yang dirasakan adik-adik disekolah Klang, semuanya terjawab dari mimpi mereka yang beragam, namun suatu hari nanti tetap ingin kembali ke Indonesia. Karena mereka juga anak-anak Indonesia, bertumpah darah Indonesia, hanya saja tidak pernah menginjak Indonesia karena belum memiliki kewarganegaraan yang pasti secara hukum, maka dari itu sudah menjadi tugas kita semua untuk menyuarakan hak-hak mereka, salah satunya hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Source : Dokumen Pribadi
Kiriman Lainnya