Oleh : Fasilitator Forum Anak
Kategori : Forum Anak

Hai anak Indonesia,
Beberapa hari lalu kita dikejutkan dengan berbagai informasi terkait Kasus Kekerasan Seksual yang dilakukan oleh seseorang yang aktif dalam kegiatan lingkungan hidup dan sosial.

Hal ini tentu membuat kita semua kaget, kesal, gemeteran bahkan marah! Sangat disayangkan sekali bahwa dibalik prestasi yang begitu cemerlang, terdapat prilaku yang menyimpang.

Tentu ini menjadi pelajaran bagi kita semua, kecerdasan intelektual saja tidak cukup, kecerdasan sosial saja tidak cukup, butuh adanya kecerdasan spiritual atau kecerdasan hati yang selalu membuat kita terhubung dengan sang Pencipta.

Kecerdasaan hati akan membuat kita selalu ingat dan dekat dengan sang pencipta dan bisa menjadi benteng pencegah hal-hal yang menyimpang. Senantiasa kita harus terus menumbuhkan kecerdasaan hati kita dengan cara menjalankan ibadah tepat waktu juga menaati perintah dan menjauhi laranganNya.

Selain itu kita juga harus terus waspada kepada siapapun, di manapun dan kapanpun akan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan membahayakan kita, ingatlah bahwa kejahatan sering terjadi dari orang-orang terdekat kita.

Lalu sebagai Anak Indonesia yang tergabung dalam Forum Anak, mari kita lebih semangat lagi untuk menjadi Pelopor dan Pelapor. Memberikan contoh keteladanan yang baik, perilaku yang sopan dan santun kepada teman-teman di sekitar kita. Tak lupa juga untuk menjadi Pelapor atas apa yang teman-teman lihat, dengar dan temukan di sekitar teman-teman kepada orang-orang yang teman-teman percayai.

Siapa pun yang pernah mengalami atau melihat kekerasan terhadap anak atau bahkan sebagai korban maka jangan takut melapor ke :
1 . Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A)
2 . Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A)
3 . Telepon Sahabat Anak 129 (TeSa129)
4 . Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)
5 . Aduan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak 021 3842638, 3805563 (KPPPA)
6 . Komisi Perlindungan Anak (KPAI) 021 31901556

Laporan kalian akan sangat berguna dalam memerangi predator anak. Semua pelapor, saksi dan korban dilindungi undang-undang.


Kami juga menghimbau kepada seluruh Fasilitator Forum Anak, Kakak Pendamping dan semua pihak yang terlibat dalam proses partisipasi anak di Indonesia untuk senantiasa memberikan rasa aman, rasa nyaman dan melindungi anak-anak Indonesia.

Terkait kasus yang terjadi, mari kita dukung sepenuhnya pihak berwajib untuk menuntaskan sampai ke akar-akarnya, sehingga tidak ada lagi anak-anak yang menjadi korban, selain itu kita harus terus mengawal kasus ini agar pelaku mendapatkan hukuman yang setimpal, karena hal tersebut menjadi tanggung jawab kita sebagai orang dewasa.

Semoga kita semua bisa mengambil  pelajaran dari apa yang terjadi.

Fasilitator Anak Se-Indonesia
Tetap semangat yah!

SHARE!

Fasilitator Forum Anak

"Akun Resmi Fasilitator Forum anak Nasional ~"

Follow


1 Mading