Lomba Menggambar ABK

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumen Pribadi

Kami sangat merasa bahagia dengan adanya kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu Lomba Menggambar dalam rangka menuju Puncak Perayaan Hari Anak Nasional Kabupaten Bantaeng. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh suka cita yang bertempat di Sekolah Luar Biasa Negeri Malilingi Bantaeng. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 08 Agustus 2016. Alhamdulillah kami mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah Bantaeng seperti dapat dilihat dari hadirnya beberapa pejabat, satu di antaranya adalah Kadis Dinsosnakertrans, Bapak Syahrul Bayan yang mengapresiasi kegiatan ini dengan melakukan dialog dengan pengurus seputar pelaksanaan kegiatan ini.

Kegiatan ini kami laksanakan karena melihat kegiatan-kegiatan dalam ragka Hari Anak Nasional lebih memusatkan kegiatan yang hanya berdampak bagi anak-anak yang terbilang mampu dalam fisik maupun mental, tetapi kurangnya kegiatan yang langsung menyentuh anak-anak disabilitas. Kamipun berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan Lomba Menggambar ini dilaksanakan khusus untuk anak-anak disabilitas, dengan 28 orang anak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tema yang kami angkat yaitu tema bebas sesuai dengan keinginan anak – anak tersebut. Kami memulai kegiatan ini pada pukul 07.15 WITA dengan segala persiapan yang kami maksimalkan. Waktu yang diberikan untuk Lomba Menggambar yaitu 2 (dua) jam. Setelah mereka menyelesaikan gambarnya, kamipun membagikan makanan kepada anak-anak tersebut dan juga berbincang-bincang dengan mereka yang dilengkapi dengan berfoto bersama anak-anak tersebut.

Kebahagiaan yang mereka nampakkan sangatlah membuat hati kami menjadi bahagia. Melihat semangat mereka yang sangat tinggi, kami sama sekali tidak merasakan perbedaan diantara kami semua, karena kami semua sama yaitu sama sebagai makhluk ciptaan-Nya.

Kemudian, pada pukul 09.30 WITA beberapa pengurus dari Forum Anak Butta Toa melihat hasil karya dari anak-anak tersebut. Ada beberapa diantara mereka yang memiliki kemampuan dalam bidang menggambar dengan dilihat dari hasil gambarannya yang cukup bagus menurut kami untuk anak seusianya. Ternyata, anak-anak tersebut memiliki kelebihan yang mampu menutupi kekurangan dari mereka.

Untuk pengumuman dari hasil Lomba Menggambar tersebut akan diumumkan pada saat Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Bantaeng pada Agustus 2016 dan juga kami akan mengundang anak-anak tersebut untuk hadir pada puncak perayaan HAN. Seperti tahun-tahun sebelumnya, HAN hanya dihari anak-anak yang nondisablitas, makanya untuk tahun 2016 kami juga mengundang mereka agar tidak ada diskriminasi antara anak-anak di Bantaeng.

Dampak yang sangat terasa adalah tidak adanya lagi diskriminasi antara semua anak karena kegiatan kami merata bagi semua anak-anak Bantaeng agar semua mendapatkan haknya untuk bergembira.

Semoga para anak-anak berkebutuhan khusus ini, khususnya di Kab. Bantaeng dapat mengembangkan bakat yang mereka miliki. Karena yakin dan percaya saja bahwa setiap anak dilahirkan dengan kemampuan masing-masing, tinggal bagaimana cara kita untuk mengembangkannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source : Dokumen Pribadi
Kiriman Lainnya