Kunci Sukses Presentasi

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : google.com

Assalamualaikum Wr.Wb haiii!!
Bulan-bulan ini guru di sekolahku lagi doyan ngasih tugas diskusi kemudian dipresentasikan, nah maka dari itu aku pengen bahas gimana cara supaya presentasi kita lancar dan dapat hasil yang memuaskan.

Bagi  sebagian siswa presentasi sering menjadi momok yang menakutkan betapa tidak, berbicara di depan teman menjelaskan materi dengan cara yang lebih formal, canggung karena berbicara tidak dengan gaya dan logat yang biasanya, sehingga terkadang lupa materi yang akan disampaikan. Tapi bisakah kita menghilangkan rasa takut dan canggung itu? jawabannya bisa, selagi kita mau berusaha pasti ada jalan *eeak bijak dikit gapapalah* berikut tips yang bisa kamu lakuin kalo dapat tugas disuruh presentasi:
 
Yang Pertama, ketahui materi apa yang mau dibahas *yaiyalah-_-* maksudnya cari tau lebih dalam dan kuasai materi tersebut, misalnya dapatmateri tentang "warna merah", kamu cari tau warna merah itu seperti apa, ezaannya M,E,R,A,H dan seterunya. Dengan kamu menguasai materinya maka presentasimu bakal sukses.
 
Yang kedua, buatlah runtutan materi yangakan disampaikan, mulai dari permbukaan sampai kesimpulan.  Dengan adanya runtutan itu apa yang kamu sampaikan akan lebih sistematis dan mudah dipahami oleh para pendengar
 
Yang ketiga, buat dan prediksi pertanyaan apa saja yang mungkin dilemparkan oleh para pendengar. presentasi sering menjadi ajang saling menjatuhkan betapa tidak,para peserta berusaha melemparkan pertanyaan yang sulit kepada penyaji bukan karena mereka tidak paham,melainkan agar penyaji tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut *pendengar mah suka gitu,kejam-_-* maka dari itu buat prediksi pertanyaan yang mungkin diajukan dan sediakan pula jawabannya, buat seolah kamu adalah pendengar sehingga memungkinkan pertanyaan yang mirip akan keluar.
 
Yang keempat, jelaskan materi yang telah kamu pelajari kepada dirimu sendiri atau disimulasikan seolah kamu sedang di depan pendengar untuk menyampaikan materimu secara sistematis seperti langkah 1 dan 2. Lakukan dengan tenang jangan terburu-buru jika lupa lihat sesekali ke sumber (buku,internet dsb). Kemudian bayangkan ada pendengar yang bertanya seperti prediksimu dan kamu jawab dengan penuh percaya diri tapi tetap harus dengan jawaban yang benar.
 
Yang kelima,tambah sedikit bumbu seperti games-games  atau lontarkan candaan-candaan ringan.
 
Dan yang terakhir, persiapkan semua item presentasimu seperti laptop,buku,proyektor,pulpen,sumber-sumber mengenai materimu dsb sesuai kebutuhanmu. lakukan  seperti yang telah kamu pelajari dan presentasimu akan lebih menyenagkan.


Terimakasih selamat mencoba semoga bermanfaat. wassalamualaikumWr.Wb.
Source : google.com
Kiriman Lainnya