Kolaborasi Perpustakaan Keliling, Permainan Rakyat, sekaligus Kampanye Pentingnya Akta Kelahiran oleh Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Program kegiatan Divisi Pendidikan Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah yang bertajuk PERLING FAD TADULAKO yaitu Perpustakaan Keliling Forum Anak Daerah Tadulako berlangsung pada hari Minggu, 19 Februari 2017 saat Car Free Day di Anjungan Pantai Talise Kota Palu. Bertujuan untuk tercapainya pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat dan budaya baca anak serta tercapainya peningkatan peran perpustakaan menjadi rumah belajar bagi anak untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan.

Buku yang sudah tak terpakai milik anggota FAD Tadulako sendiri yang dikumpulkan untuk dipergunakan dalam terjalannya program ini. Mengingat banyak buku yang sudah dibaca berkali-kali dan hanya tersimpan dirumah membuat kita berinisiatif untuk memberikan layanan pendidikan pada anak-anak dari berbagai kalangan.

Berdasarkan pasal 31 ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, maka kami sebagai oganisasi penyalur hak anak membuat perling (perpustakaan keliling) ini sebagai alternatif pelayanan pendidikan khususnya pendidikan in-formal. Dengan buku yang bervariasi lebih memudahkan pembaca yakni anak-anak dalam memenuhi kebutuhan yang pastinya berbeda-beda.
Tak hanya buku, dalam berlangsungnya kegiatan Perling ini Forum Anak Tadulako juga menyediakan beberapa permainan tradisional anak. Mengingat bahwa pengunjung yang datang membaca adalah anak-anak. Permainan yang di sediakan di antaranya yaitu congklak, enggrang dan lompat tali. Melihat sekarang anak-anak lebih sering bermain menggunakan gadget dibandingkan bermain bersama dengan teman sebaya mereka maka ide ini muncul dengan tujuan mengembangkan kemampuan anak dalam berinteraksi sosial terutama pada teman sebaya, mengajarkan hidup sederhana serta mengenalkan kembali permainan tradisional yang hampir hilang di telan masa.

Selain itu, Forum Anak Tadulako juga melaksanakan Kampanye mengenai pentingnya akta kelahiran bagi anak, Three Ends, dan informasi seputar Forum Anak ditengah arus car free day dengan bantuan mobil perlindungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Namun kampanye kali ini, lebih memfokuskan terhadap isu akta kelahiran yang menjadi problematika anak saat ini. Oleh karena itu, Forum Anak Sulawesi Tengah mencoba untuk mengampanyekan akan pentingnya akta kelahiran bagi anak sebagai hal yang perlu diprioritaskan untuk menjadi sebuah objek penting akan eksistensi dari status kewarganegaraan seorang anak dan pentingnya akta kelahiran dalam pengurusan berkas untuk memasuki dunia persekolahan. Program ini menjadi program kecil yang diselenggarakan Forum Anak Sulawesi Tengah yang terdiri dari berbagai kegiatan didalamnya. Dengan pengemasan yang kreatif, Forum Anak Sulawesi Tengah mengolaborasikan perpustakaan keliling, permainan rakyat, dan kampanye pentingnya akta kelahiran dilokasi program. Antusiasme anak sekitar program mencapai 68 anak yang berpartisipasi dalam program ini. Banyak yang berpesan kepada kami, bahwa program ini harus diadakan lagi dikarenakan kreativitas dan hal unik bagi masyarakat Sulawesi Tengah terkhusus anak Sulawesi Tengah.
 
 
Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya