• 13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
Jerawat merupakan masalah kulit ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung dan dada. Pada remaja, jerawat ini sering terjadi pada pria dibanding wanita, namun memasuki usia dewasa muda, jerawat lebih mudah terjadi pada wanita dibanding pria. Umumnya terjadi di usia 14-17 tahun pada wanita dan 16-19 pada pria. Penyebabnya biasanya karena produksi minyak berlebih, karena meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon ini memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak kulit secara berlebihan. Siklus hormonal, khususnya memasuki usia pubertas yang merangkap produksi minyak berlebih dan siklus ini terjadi pada masa menstruasi wanita. Faktor genetik, jika salah satu orangtua memiliki masalah jerawat maka anaknya memiliki resiko mengalami hal yang sama.
 
Berikut adalah cara menghilangkan jerawat alami diantaranya:
 
  • Masker soda kue dan air untuk menghilangkan jerawat pada wajah, dapat menyeimbangkan ph kulit untuk cegah jerawat pada wajah sekaligus sebagai antiseptik dan antiinflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel.
  • Masker alpukat dan madu yang dapat menembus pori-pori sehingga meredakan peradangan kulit dan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri. Kombinasi ini mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.
  • Masker yoghurt dan madu untuk membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
  • Masker lemon dan jeruk nipis untuk mengurangi masalah peradangan kulit wajah berjerawat dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat dan membuat wajah lebih cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat.
  • Masker pisang dan kunyit yang membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembab dan lektin pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan kunyit untuk obat wajah yang meradang.
 
Selain itu dapat menggunakan masker bawang putih yang menghilangkan peradangan kulit. Bawang putih sebagai antivirus, anti jamur, antioksidan dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga. Bawang ini juga mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel. Hanya dengan 1 siung bawa lalu diaplikasikan dengan menggosoknya pada jerawat lalu didiamkan selama 15 menit lalu dibilas dengan air hangat, atau dengan menghaluskan lalu diaplikasikan pada wajah selama 15 menit.
 
Berikut adalah bentuk jerawat diantaranya:
 
  • Komedo terbuka biasanya bakteri, sel kulit mati dan keratin sering terjebak dalam pori-pori. Penampilan fisiknya sering ditandai dengan benjolan kuning hitam atau gelap pada kulit setelah dikeluarkan berwarna coklat kekuningan.
  • Komedo tertutup, dengan penampilan fisik sebagai benjolan kecil putih biasanya tidak disertai peradangan dan muncul dimana saja dikulit.
  • Papula benjolan merah dengan komedo yang tidak dapat diobati dan jika diobati papula dapat memperburuk menjadi pustula.
 
Untuk mencegah jerawat maka jaga kebersihan wajah, pastikan membersihkan wajah dua kali dalam sehari dan tujuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak berlebihan di permukaan kulit. Tetap bersihkan wajah usia mengenakan kosmetik. Hindari menggosok wajah dengan menggunakan kain atau sarung tangan dengan permukaan kasar lalu usap wajah menggunakan tangan secara perlahan. Gunakan pelembab non comedogenic yang tidak dapat menyebabkan jerawat, pilihlah pelembab sesuai jenis kulit.
 
Selain itu, pilih kosmetik non comedogenic yang sifatnya tidak menutup pori-pori kulit sehingga terhindari dari masalah jerawat setelah pemakaian kosmetik. Bersihkan peralatan kosmetik dengan menggunakan sabun dan air hangat secara rutin. Segera mandi setelah melakukan aktivitas karena keringat dan minyak berlebih di wajah memicu terjadinya jerawat. Hindari memencet jerawat dan memegang terlalu sering karena membuat jerawat banyak.

Referensi:
penyakit jerawat KlikDokter
Sumber Gambar : KlikDokter.com
Kiriman lainnya
Kiriman Muhammad Sidqi Irsyadi