Kenapa Ketika Mengendarai Sepeda Tidak Terjatuh

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : www.google.com

Pada hari minggu ku olah raga ke cfd, naik sepeda istimewa ku goes – goes terus. Haha sedikit maksa ya mau nyanyi naik delman tetapi delmannya dirubah jadi sepeda.

Teman – teman pasti suka naik sepeda, selain menyenangkan bersepeda mampu membuat tubuh kita segar karena secara tidak sadar kitapun sudah berolahraga layaknya kita berlari.

Berbicara mengenai sepeda, kenapa ya sepeda kalau kita jalankan tidak terjatuh tetapi kalau kita diamkan terjatuh? Apakah itu sebuah misteri? Atau kebetulan belaka? Hahaha ya enggak lah semuanya pasti bisa dijelaskan khususnya dengan ilmu fisika.
Nah ternyata kemungkinan jawabannya ada 2.
  1. Efek giroskop, apa itu? Nah maksudnya adalah suatu efek benda yang ketika berputar ia akan mempertahankan kedudukannya. Dalam hal ini yang berputar roda sepedanya ya bukan sepedanya hehe. Mudahnya teman – teman pernah bermain gasing? Nah ketika gasing diputar, ia akan berdiri tegak sesuai dengan kecepatannya tetapi ketika gasing itu hampir jatuh karena kecepatannya berkurang, gasing tersebut akan mencoba berdiri lagi sampai akhirnya putarannya berhenti dan terjatuh. Nah sama pula ketika roda sepeda kita berputar roda tersebut akan berusaha mempertahankan kedudukannya, sehingga ketika kita mengendarai sepeda kita, sepeda akan bergerak seimbang.
  2. Gaya sentrifugal. Ini adalah sebuah gaya yang dimiliki oleh benda yang berputar dan memiliki arah berlawanan dengan arah gaya sentripetal. Ketika sepeda diam, maka tidak ada gaya sentrifugal yang bekerja padanya karena kecepatannya nol. Nah, saat diam inilah gaya gravitasi membuatnya jatuh. Berbeda waktu sepeda sedang berjalan. Gaya sentrifugal ini mampu mengimbangi berat badan kita sehingga kita tidak jatuh (seimbang). Gaya sentrifugal sangat terasa ketika kita membelok. Saat membelok ke kiri, kita akan merasakan gaya sentrifugal ke kanan (tubuh kita terasa terlempar ke kanan). Demikian juga ketika sepeda membelok ke kanan, kita akan terlempar ke kiri. Besarnya gaya sentrifugal ini tergantung pada kecepatan. Semakin cepat sepeda  bergerak, semakin besar gaya sentrifugal yang kita rasakan. Ketika sepeda bergerak lambat, gaya sentrifugal kecil. Gaya ini tidak mampu mengatasi gaya berat kita, akibatnya kita mudah jatuh.
Nah jadi itulah sedikitnya 2 kemungkinan jawaban mengenai kenapa sepeda tidak jatuh ketika dikendarai. Jadi bukan sebuah misteri atau kebetulan belaka ya.
Source : www.google.com
Kiriman Lainnya