Kenapa Kapal Laut Tidak Tenggelam?

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : www.google.com

Tang dimasukkan kedalam air tenggelam, obeng dimasukkan kedalam air tenggelam, lalu kenapa kapal laut laut yang segitu besarnya dan sama sama terbuat dari besi malah tidak tenggelam?
Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu mengenai sifat besi. Besi di ketahui punya massa jenis 7.900 kg/m3, sementara air hanya 1.000 kg/m3, itu artinya massa jenis besi hampir 8x lipat massa jenis air dan intinya besi sekecil apapun bila dimasukkan kedalam air akan tenggelam. Nahloh nahloh makin bingung kok bisa kapal laut laut tetap mengapung jika massa jenis besi saja 8x lipat dari massa jenis air?
Pada dasarnya hukum ilmu fisika itu memang selalu berlaku sama diseluruh alam semesta. Jika memang kapal laut bisa terapung pastilah karena memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis air. Semua karena design kapal laut yang memang sudah dirancang agar bisa mengubah massa jenis kapal laut lebih kecil dari massa jenis air.
Jika kita perhatikan ternyata kapal laut itu tak semuanya mengandung unsur besi. Jika diperhatikan ada banyak ruangan di dalam kapal laut. Ruang penumpang, ABK, ruang nahkoda, ruang mesin dan masih banyak ruangan lagi. Ruang-ruang ini pastilah banyak mengandung unsur udara didalamnya.
Jadi dalam kapal laut tak hanya ada massa jenis besi saja tapi juga massa jenis udara. Memang massa jenis udara hanya 1,2 kg/m3 yang artinya sangat amat kecil dibanding massa jenis besi dan air. Tapi karena massa jenis udara yang mengisi ruangan  tadi lebih banyak dari massa jenis besi maka massa jenis kapal laut jadi lebih kecil yang akhirnya bisa membuat kapal laut mengapung.
Lalu mengapa terkadang kita mendengar ada kasus kapal laut tenggelam? Nah itu karena kemungkinan besar adanya kebocoran. Sedikit saja kapal laut mengalami kebocoran sehingga menyebabkan air laut masuk kedalam kapal maka massa jenis air akan mulai mengganti massa jenis udara. Massa jenis udara akan hilang, sementara massa jenis kapal laut akan mulai meningkat karena memiliki sifat besi yang massa jenisnya lebih tinggi dari air. Lama kelamaan massa jenis besi di kapal laut akan mendominasi hingga akhirnya lebih besar dari massa jenis air. Dan pada akhirnya kapal laut bisa tenggelam.
 
 

Source : www.google.com
Kiriman Lainnya