KELANA SADAR Bukan Jalan-Jalan Biasa

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumentasi FA Situbondo

oleh : Muh. Fahri Priambudi

Halooo teman-teman Forum Anak se-Indonesia...

Berjumpa lagi di statusfan.com, media informasi dan edukasi anak Indonesia. Kali ini, FA Situbondo ingin berbagi cerita tentang kegiatan kami nih. Namanya Keliling Destinasi Wisata Daerah, yang disingkat menjadi KELANA SADAR. Udah kebayang ngga apa aja yang kami lakukan dalam kegiatan ini? Yuk, langsung aja simak ceritanya.

KELANA SADAR adalah upaya anak untuk berpartisipasi dalam mempromosikan serta melestarikan tempat-tempat wisata baru di Kabupaten Situbondo. Hal ini selaras dengan amanat Bapak Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH, yang mencanangkan tahun 2019 sebagai Tahun Kunjungan Wisata Kabupaten Situbondo. Forum Anak dengan difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo memutuskan untuk melaksanakan KELANA SADAR pertama pada hari ini, Minggu, 28 Januari 2018 berlokasi di Pantai Grand Pathek Situbondo.

Pada kesempatan kali ini, telah hadir 12 orang fungsionaris Forum Anak Situbondo dengan mengendarai 6 sepeda motor. Tidak lupa kami mengenakan helm, meski kami menuju tempat yang cukup terpencil dan bukan dekat dengan kota. Maklumlah, kan Forum Anak diharapkan menjadi pelopor dan pelapor. Di jalanan, kami berusaha untuk menjadi pelopor dalam keselamatan berlalulintas. Cuaca mendung yang menyelimuti kota kami sedari pagi berubah menjadi hujan gerimis. Kami sempat berhenti di tengah perjalanan ke pantai untuk berteduh. Alhamdulillah tak lama kemudian hujan berhenti dan kami melanjutkan perjalanan.

Perlu teman-teman ketahui, sebenarnya Pantai Pathek ini telah lama menjadi jujugan wisata bagi penduduk Situbondo. Pantai ini terletak di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan. Deretan warung dan gazebo sepanjang pantai yang ramai oleh pengunjung. Ombak pantai utara Jawa yang relatif tenang menawarkan kesempatan bagi keluarga beserta anak-anaknya untuk bermain-main di pantai. Meski demikian, kami masih terus melaju, karena bukan pantai ini yang menjadi tujuan kami hari ini.

Pantai Grand Pathek terletak sekitar 2 kilometer sebelah utara dari Pantai Pathek lama. Pemerintah Desa Gelung bersama-sama dengan kelompok pemuda desa menyulap kampung nelayan pada umumnya menjadi destinasi wisata baru. Pantai ini baru dibuka menjelang pergantian tahun 2018 yang lalu. Jadi baru berumur kurang dari 2 bulan. Tidak heran bila banyak sarana dan prasarana yang masih dalam proses pembangunan. Gorong-gorong air yang digali secara dadakan, tempat parkir yang becek, hingga belum terpasangnya shower di kamar mandi merupakan contoh dari proses pembangunan itu. 

Terlepas dari itu semua, pengelola sudah berusaha yang terbaik untuk membuat para pengunjungnya terkesan. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang, kita bisa menikmati indahnya panorama pantai Pathek. Terdapat kolam renang dan motor mini bagi anak-anak. 

Dalam KELANA SADAR kali ini, FA Situbondo membersihkan Pantai Grand Pathek dari sampah-sampah yang berserakan. Trash bag yang kami bawa pun lekas penuh dengan bungkus-bungkus plastik, sobekan kain, dan sisa sampah rumah tangga. Setelah bersih-bersih pantai, kami naik speedboat ke karamba yang terletak sekitar 500 meter dari bibir pantai dengan menaiki speedboatdan melihat hiu putih kecil secara langung, berfoto dengan penyu dan menyentuh ikan kembung. Benar-benar pengalaman yang mengesankan dehh...

Kami bersyukur tumbuh dan besar di daerah pantai seperti di Situbondo. Forum Anak Situbondo akan terus melakukan kegiatan KELANA SADAR di tempat-tempat destinasi wisata lain di Situbondo. Kami akan buktikan bahwa anak Situbondo mau dan mampu menjadi pelopor dan pelapor.

Itu yang bisa kami bagikan untuk kali ini teman-teman. Sampai jumpa di cerita kami berikutnya. Dadahhh....
 
Source : Dokumentasi FA Situbondo
Kiriman Lainnya