Kelamaan Main Smartphone Bikin Mata Rusak

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : google.com

Smartphone sudah menjadi barang wajib bagi para penduduk urban zaman sekarang. Itu semua karena smartphone mempunyai fungsi yang sudah mengakomodir berbagai kegiatan keseharian penduduk urban, mulai dari telekomunikasi, media, bersosial, dan lainnya

Tapi, di balik fungsi smartphone yang segudang, banyak yang bilang jika smartphone juga tidak baik untuk tubuh manusia. Salah satunya, tidak baik untuk kesehatan mata manusia karena layarnya. 

Masih banyak orang yang mengabaikan bahaya smartphone bagi mata seorang pengguna. Inilah beberapa fakta yang akan membuat kamu berfikir kembali untuk bermain smartphone secara berlebihan.

Gejala DES


Mata kamu yang tidak berhenti menatap layar smartphone kamu dapat membuat mata kamu terkena DES. Gejala DES sendiri bisa dirasakan ketika mata kamu terasa kering dan tegang yang dapat membuat kamu menjadi pusing dan mual.

Membuat Mata Kamu Katarak

Sebenarnya, para pengembang layar smartphone juga sudah memikirkan bagaimana cara agar layarnya tidak akan merusak mata para pengguna. Namun, yang salah adalah bagaimana cara pengguna smartphone dalam mengatur cahaya layar smartphone-nya.

Karena, sebuah penelitian di Israel menunjukkan jika layar smartphone dapat membuat panas bola mata yang menyebabkan Tumbuhnya katarak pada mata. Penelitian ini sendiri dilakukan ke seekor sapi dimana sapi tersebut dipaksa melihat smartphone secara terus menerus. Hasilnya, muncul sebuah gelembung kecil di lensa mata sapi tersebut yang diduga gejala awal katarak.

Cara Mengatasinya

Maka dari itu, bagi kamu pengguna smartphone secara aktif, lebih baik gunakan lah aturan 20-20-20. Yaitu aturan sederhana dimana kamu dapat menggunakan smartphone selama 20 menit dari kejauhan dan luangkan waktu 20 menit juga untuk melihat sesuatu dari kejauhan.

Usahakan juga untuk menjaga jarak pandangan kamu antara matamu dan smartphone yang sedang kamu gunakan. Gunanya, untuk membuat mata kamu tetap tidak mudah lelah ketika menggunakan smartphone. Kamu juga harus mengatur tingkat kecerahan layar kamu sewajarnya dan mengatur tulisan di smartphone kamu tidak terlalu kecil.

Source : google.com
Kiriman Lainnya