KATAKAN TIDAK UNTUK MALU DENGAN POTENSIMU -FORUM ANAK JOMBANG-

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Jombang

Seperti kita ketahui, bahwa setiap anak sangatlah senang jika bersosialisasi dengan teman sebayanya daripada harus diam termenung dalam kesendirian.  Karena melalui berkumpul dengan teman sebayanya mereka dapat mengenal dunia baru yang ada di sekitar mereka. Hal tersebut mereka lakukan dengan bermain bersama – sama dan saling tukar pikiran.

Akan tetapi, bagi sebagian mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Hal tersebut menjadi hal utama yang mereka inginkan. Mengapa ?? Karena mereka merasa bahwa diri mereka berbeda dengan teman – teman yang lainnya. Dalam arti mereka berpikir bahwa ketidaksempurnaan menjadi hal yang tak memungkinkan untuk sekedar bertemu maupun berkumpul dengan sebayanya. Mereka merasa minder dan takut apabila dicemooh oleh anak – anak lain. Akibatnya mereka pun tak mempunyai teman dan merasakan bahwa dunia mereka terlalu sepi.

Oleh karena itu, teman – teman pengurus Forum Anak Jombang ( FAJ ) berinisiatif baik untuk melakukan kegiatan kunjungan ke salah satu SMALB di Kabupaten Jombang yakni SMALB Muhammadiyah. Tepatnya berada di Jalan Brigjen Katamso No 20 A, Pulo Lor, Jombang. Kami melakukan kegiatan ini pada tanggal  15 Maret 2015. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ada sekitar 25 pengurus Forum Anak Jombang hadir untuk menjadi narasumber maupun konselor remaja dan ada sekitar 40 siswa dan siswi SMALB yang berpartisipasi untuk menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi ini.

Kegiatan ini telah dikoordinasikan dengan segala persiapan yang baik dan matang. Dengan harapan kegiatan dapat berjalan dengan lancar secara terencana. Sebelum menuju lokasi, kami berkumpul di kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana
( BPPKB ) Kabupaten Jombang. Disana kami menyiapkan segala barang yang akan dibutukan untuk menuju tempat sosialisasi. Kemudian, kami berangkat bersama – sama dengan mengendarai sepeda motor. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk tiba di lokasi.

Sesampainya disana kami disambut dengan hangat oleh ibu guru dari SMALB. Disana teman-teman SLB juga sudah siap untuk mengikuti kegiatan sosialisasi kami. Kami pun dengan segera membuka kegiatan tersebut dipandu dengan pembawa acara yang kala itu juga berasal dari Forum Anak Jombang. Acara pembukaan kami lakukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Semua peserta berdiri untuk bernyanyi dan bagi beberapa mereka yang menyandang tuna wicara mereka menggunakan bahasa isyarat. Setelah itu, mereka disilahkan untuk duduk kembali dan mendengar kata sambutan dari Kepala SMALB Muhammadiyah dan Pembina Forum Anak Jombang.  Sebagai pelengkap acara pembukaan, disini disisipkan doa agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan dan dapat memberikan manfaat bagi teman – teman.
Seusai rangkaian acara pembukaan. Kami langsung memasuki acara inti. Disini ada beberapa kegiatan yang telah kami siapkan sesuai dengan keadaan peserta sosialisasi. Kami membuat kegiatan yang menyenangkan bagi mereka. Acara yang pertama adalah pentas seni. Kami meminta teman-teman SLB untuk menampilkan bakat mereka. Dan hal ini disambut dengan antusias oleh mereka. Ada seorang anak penyandang tuna netra yang dapat menyanyi sekaligus bermain alat music piano dan gitar, beberapa anak penyandang tuna rungu yang menampilkan bakat menari dan modeling. Para peserta berhasil menampilkan bakat mereka dengan sangat baik dan membuat kami sebagai penyelenggara merasa kagum. Kegiatan pentas seni ini bertujuan untuk menunjukkan pada kita semua bahwa sebagai manusia kita patut bersyukur atas segala limpahan rahmat dari Allah yang tiada pernah hentinya untuk kita.

Kegiatan kedua kami lanjutkan dengan kegiatan Ice Breaking disini kami isi dengan menyanyi lagu aku anak Indonesia disertai dengan gerakan. Dengan tujuan dengan menyanyi lagu ini mampu mengingatkan kita semua untuk selalu bangga menjadi anak Indonesia.  Tak hanya itu, kami mengajak mereka untuk bermain sederhana dan menari bersama. Kami berpikir bahwa dengan cara ini kami bisa dekat dengan anak – anak difabel dan membuat mereka merasa bahwa mereka punya dunia yang luas. Dengan banyak teman yang siap merangkul mereka untuk bersama – sama dalam menggapai kesuksesan Mereka pun terlihat bahagia karena hal tersebut. Ada beberapa dari mereka yang mengungkapkan rasa senangnya langsung kepada kami semua dengan cara mereka masing – masing. Selanjutnya, kami juga belajar bersama tentang Bahasa isyarat dengan mereka.

Sebelum menutup kegiatan sosialisasi ini, kami dari pengurus Forum Anak Jombang  (FAJ ) melakukan jaring aspirasi anak. kami membagi setiap peserta menjadi 8 grup untuk memudahkan dalam penjaringan aspirasi. Setelah itu, semua anak berkumpul dengan kelompok mereka masing – masing dengan beberapa pengurus Forum Anak Jombang. Di momen inilah kami dapat bertukar pikiran mengenai masalah yang mereka hadapi. Ada beberapa dari mereka yang mengatakan bahwa media bermain untuk mereka tidak ada dan mereka kehilangan kesempatan untuk bisa bermain dengan teman lainnya. Kami pun memberi solusi yang baik untuk mereka agar dapat keluar dari permasalahnnya tersebut. Selain itu, kami juga meminta mereka untuk menuliskan cita – cita dan keinginan mereka kedepannya.  Kami mengumpulkan itu semua. Kemudian, menyerahkan sebagian aspirasi itu kepada pihak sekolah dan sebagian untuk kami jadikan arsip sebagai aspirasi anak Jombang. Yang akan kami masukkan ke dalam deklarasi anak Jombang untuk disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Jombang dengan harapan setiap hak anak di kabupaten kami dapat terpenuhi. Kami pun mengakhiri acara dengan bersalam – salaman satu dengan lainnya dan mengabadikan momen ttersebut dengan foto bersama.

Jadi, kegiatan ini sangat berdampak baik untuk anak – anak difabel agar mereka tetap semangat dalam menjalankan setiap kegiatan untuk menggapai prestasi yang diinginkan dan kami dapat merubah pola pikir mereka bahwa mereka punya hak yang sama untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki sendiri seperti anak – anak lainnya.
 
 
Source : Forum Anak Jombang
Kiriman Lainnya