KaMeRA (Kampanye Menolak Rokok dari Anak) oleh Forum Anak Sikamali' Toraya

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Sikamali

Masalah rokok dilingkungan bermain anak merupakan salah satu isu 2P yang sangat mendarah daging di Indonesia, termasuk di Tana Toraja. Anak yang seharusnya menghirup udara segar malah hanya bisa menghirup udara yang telah tercemar asap rokok. Lalu apa yang bisa mereka lakukan? Terkadang mereka ingin menegur, namun mereka terlalu takut untuk itu. Apa mereka harus terus diam, ketika asap rokok bisa saja merenggut asanya.

Oleh karena itu, kami pengurus Forum Anak Sikamali’ Toraya membuat suatu program untuk menyuarakan suara mereka dalam menolak rokok dari anak. Kami mencanangkan kegiatan KaMeRA yaitu Kampanye Menolak Rokok dari Anak. Kampanye ini bertujuan untuk menfasilitasi anak yang dalam hal ini merupakan korban dari asap rokok, untuk menyuarakan suaranya dalam menolak rokok dilingkungan sekitar mereka.

Kampanye yang kami lakukan ini bukanlah kampanye besar-besaran. kami tidak mengumpulkan anak-anak untuk melakukan kampanye, melainkan kami  turun langsung ke dalam kelompok-kelompok kecil dalam masyarakat. Misalnya saja, kami mendatangi sekelompok anak yang sedang riang bermain. Atau juga mendatangi anak-anak yang sedang berolahraga ataupun sedang belajar bersama. Kami berbincang-bincang seputar masalah rokok. Dan boleh dikata, semuanya merasa terganggu dengan asap rokok. Kami juga menyampaikan beberapa dampak negatif dari rokok, yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri mereka agar bukan mereka sendiri yang nantinya merokok.

Setelah itu, kami memberikan spidol dan kertas  kepada mereka yang akan mereka gunakan untuk menuliskan harapan mereka ataupun slogan seputar masalah rokok. Mereka mulai pun menuliskan harapan-harapan mereka ataupun menuliskan slogan-slogan anti rokok. Mereka terlihat sangat bersemangat dalam menuliskannya dengan bahasa mereka sendiri. Mulai dari “Kami Bukan Asbak”, “Tolak Jadi Target Industri Rokok”, “Asapmu Merenggut Asaku”, dan slogan-slogan lainnya.

Ketika mereka telah selesai menuliskannya, kami memotret mereka sambil memegang kertas yang telah mereka tulisi dengan harapan dan slogan. Kemudian foto-foto tersebut kami upload di media sosial, dengan harapan orang yang melihatnya dapat tergugah hatinya. Khususnya untuk perokok, besar harapan kami, mereka bisa berhenti merokok atau setidaknya menghindari untuk merokok di tempat umum, terlebih di sekitar lingkungan anak bermain.
Source : Forum Anak Sikamali
Kiriman Lainnya