Jembatan Untuk Bersahabat ala FAKTA

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumentasi FAKTA

“Berani hidup, berani mandiri”

Begitulah jargon yang diusung dalam kegiatan Jembatan Persahabatan. Jembatan Persahabatan merupakan terobosan baru dari Forum Anak Kota Yogyakarta. Jembatan Persahabatan bertujuan untuk mengumpulkan anak-anak SMA/SMK/MA atau sederajat di Kota Yogyakarta, baik yang mengenyam pendidikan formal maupun nonformal. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 3-4 September 2016 dengan peserta sejumlah 110 orang.

Kegiatan diawali dengan berkumpul di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara. Pembukaan kegiatan dilakukan dengan briefing kepada peserta, dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di permakaman pahlawan. Selanjutnya, peserta diberangkatkan ke  Pantai Sundak yang berlokasi di Gunungkidul untuk melakukan edu camping. Pada hari pertama, peserta diberikan materi kebangsaan, dunia seputar kita, ilmu kemaritiman, serta maritim dalam budaya Jawa. Peserta juga belajar dalam kelas terbuka tentang daya juang laut yang diisi oleh Tagana, SAR, PMI, dan TNI Angkatan Laut.

Kegiatan hari kedua dibuka dengan senam ceria dan outbond seru. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari kakak fasilitator tentang Forum Anak Kota Yogyakarta (FAKTA). Terakhir, kegiatan berupa review hal yang dapat dipelajari selama Jembatan Persahabatan. Setelah itu, peserta serta panitia  berfoto bersama untuk selanjutnya melakukan perjalanan pulang kembali ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara. Kegiatan ditutup dengan pembagian pin serta sertifikat kepada peserta. Peserta diharapkan dapat belajar toleransi, kemandirian, tenggang rasa, serta jiwa kepemimpinan dari sisi kemaritiman dalam kegiatan ini.
 
Source : Dokumentasi FAKTA
Kiriman Lainnya