Oleh : M.budyiskandarmuda
Kategori : Ambassador TGR

Meulaboh, Aceh Barat ada sebuah Panti SOS Children Village yang terletak di Desa Lapang. SOS children Village ini memiliki beberapa rumah yang terdapat Kepala keluarga yang disebut dengan IBU selain itu juga beberapa Anak. Sama hal nya seperti rumah yang kita tinggal. Hanya saja mereka tidak sekandung dan sedarah namun tetap sekeluarga.

Untuk kesempatan kali ini Saya dan teman-teman dari Fasilitator Anak Aceh Barat  memiliki kesempatan untuk berkunjung ke SOS Children Village. Banyak anak-anak yang kami jumpai dan saling berkenalan dengan adik2 yang masih malu-malu. Ada juga sebagian semangat Adik-adik disini menyambut kami untuk dapat bermain sambil belajar bersama mereka. Kami saling diskusi dan berbagi cerita bersama adik-adik SOS Children Village ini. Saya merasa sedih saat salah satu adik disini bercerita.
dimulai dari saya.(percakapan ini sebenarnya dalam bahasa Aceh namun saya terjemahkan dalam bahasa indonesia.)

Saya       : Ayoo Adik mau cerita apa..?? Tanya Saya.

Adik       : Mau cerita tentang saya boleh kak..?? jawabnya.

Saya       : Boleh adikk manis. (saya tersenyum)

Adik       : Abang anak keberapa ? abg masih punya keluarga ? ayah ibu abg sayang gak sama abang ?

Dengan pertanyaan itu saya terdiam sejenak namun saya tetap senyum dalam menjawab.

Saya       : Kenapa adik bertanyak seperti itu ?? abang anak kelima dari lima bersaudara, alhamdulilah masih, yaa sayang lah dik namanya orang tua pastilah sayang terhadap anak-anaknya, begitu juga dengan adik-adik disini.

Dengan cepat adik itu menjawab.

Adik       : Saya tidak bg, umur saya yang masih 10 tahun saja sudah ditinggalkan ditempat ini, saya dibuang ditempat ini, itu bearti orang tua saya tidak sayang sama saya. Apa saya bukan anak kandung mereka? apa saya jahat ? apa saya jelek ? apa kesalahan saya bang ? padahal enak dikampung bang bisa bermain bersama teman-teman. Tapi orang tua menitipkan saya disini.

Saya terdiam kaku tidak bisa menjawab semua pertanyaannya, rasa sakit dihati itu yang saya rasakan, hanya bisa menangis dalam hati mendengar adik ini bercerita kenapa masih ada orang tua yang seperti itu padahal mereka memiliki hak untuk dilindungi, mendapat kasih sayang orangtua,pendidikan. Apalagi masih umur 10 tahun. Saya menjawab dengan tenang agar siadik ini tetap bisa semangat dimanapun dia tinggal.
 

Saya       : Adik tidak salah apa-apa,, (sambil saya mengusap Bahunya) orang tua nya sayang kok sama adik, mungkin saja orangtua nya lagi punya masalah yang gak bisa diceritakan sama adik, tapi pasti ntar dijemput kok. Adik harus terus semangat dan menjadi orang yang sukses Dunia dan Akhirat. Yang penting belajar yang rajin, sholat jangan ditinggalkan,jadi orang yang hebat. Lagian disini kan banyak teman-teman untuk bermain, bersekolah, apalagi  halaman disini pun luas untuk bisa bermain. Contohnya abang-abang  dan kakak-kakak ingin bermain bersama kalian disini. (saya tersenyum dan menunjukkan kearah kawan-kawan lain.

Akhirnya saya mengajak adik ini untuk bergabung bersama kawan kawan lainnya, kami menuju kehalaman depan, dimana halaman SOS children Village itu sangat Luas dan sangat cocok Buat bermain sambil belajar. Adik-adik yang tadinya masih malu-malu sekarang mulai berani untuk bermain, diskusi dan belajar bersama kami. Salah satu anak berteriak sambil tertawa “ bang Halaman ku Tempat bermainku” aku pun tertawa dan meng iyakan pernyataan adik itu.

Senang rasanya melihat adik-adik ini bisa tersenyum tertawa dan berpelukan bersama abang-abang dan kakak2 dari Forum Fasilitator Anak Aceh Barat. Setidaknya kami sudah sedikit membuat adik2 melupakan kesedihan-kesedihan yang mereka alami. Hingga waktu bersama berakhir. Dan kami berpamitan kepada Adik2 disini. Semua mereka menginginkan kami untuk sesekali mengunjungi mereka dan bermain bersama mereka. Dan kami mengatakan insya Allah abang2 dan kakak2 disini akan sering berkunjung dan bermain bersama lagi.
 

Sampai Jumpa !!!

SHARE!

M.budyiskandarmuda

"#Komite Perlindungan Anak Desa Langung #Wakil Ketua Balee Konseling Anak Aceh 2009-2011 #Forum Anak Aceh Barat 2010-2011 #Ketua Fasilitaor Anak Aceh Barat 2012-Sekarang"

Follow


2 Mading


Aksi Nyata Itu Menyenangkan

Kategori : Ambassador TGR

Usaha Takkan Terkhianati

Kategori : Ambassador TGR

Relawan, Rela Ditawan - TGRCampaign

Kategori : Ambassador TGR

Tangan-Tangan Sehat (TTS) dari FAKC SONG

Kategori : Ambassador TGR