Gerakan Anti Hoax dan Internet Sehat - Forum Anak Balikpapan

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumentasi Forum Anak Balikpapan

Forum Anak Balikpapan terkenal dengan kegiatan rutinnya setiap bulan yang sering disebut KBFA. Apa sih KBFA itu? Yup, “Kumpul Bareng Forum Anak”. Seperti biasa KBFA dilakukan di hari minggu, di ruang terbuka hijau atau taman cerdas Balikpapan. Nah kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi hak anak, karena dalam KBFA selain mendapat materi yang oke banget dari narasumber kece, anak anak juga berkesempatan untuk olahraga dan bermain bersama.  

Merespond munculnya berita-berita hoax yang telah menjadi viral di Indonesia beberapa waktu lalu (mungkin sampai hari ini juga), Forum Anak Balikpapan menginisiasi mengangkat isu ini dalam agenda rutin Kumpul Bareng Forum Anak (KBFA) yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 mei 2017 bertempat di area car free day lapangan merdeka Balikpapan.

Forum Anak Balikpapan menghadirkan Bapak Mulyono selaku Kepala Sekolah SLB Negeri Balikpapan sebagai narasumber. Pada kegiatan ini, kurang lebih 70 anak dari berbagai sekolah dan perwakilan komunitas anak hadir dan sangat antusias. Adi, salah satu peserta bertanya “Pak, bagaimana kita tahu suatu berita yang kita dapat benar (bukan hoax)?” Pak Mulyono menjawab “setiap membaca suatu berita, baca dari beberapa sumber dan selalu cek dan ricek. Jangan di share kalau kebenarannya belum pasti”.

Pada Kumpul Bareng Forum Anak Balikpapan ini, peserta mendapatkan banyak informasi terkait berita-berita hoax yang telah tersebar di Indonesia dan kembali diingatkan untuk tidak mudah melakukan ‘share’ berita dan banyak membaca. Menutup penjelasan dari bapak Mulyono, beliau berpesan : Gunakanlah smartphone yang anak-anak miliki dengan bijak dan share hal-hal yang positif aja, misalnya prestasi anak-anak di Balikpapan dan Indonesia.
 
Source : Dokumentasi Forum Anak Balikpapan
Kiriman Lainnya