Fungsi Fasilitator Forum Anak dan Contoh Menjalankannya

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Hai Pelopor dan Pelapor
Anak Indonesia yang cerdas dan luar biasa.
salam juga untuk ibu/bapak dan kakak penggiat Forum Anak dimanapun berada.

Sebelumnya Kak Uia sudah menuliskan tentang Apa itu Fasilitator Forum Anak menurut Buku Pedoman Pengembangan Forum Anak (Pedoman Forum Anak), nah pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang Fungsi Fasilitator Forum Anak.

Sumber tulisan ini mengacu pada materi powerpoint yang disampaikan oleh Ayah Dermawan (Sapa Akrab anak Indonesia) Asisten Deputi Tumbuh Kembang, Bidang Hak Sipil, Partisipasi Anak dan Informasi Layak Anak, saat pelatihan Fasilitator Forum Anak tahun 2016.

Oke Langsung saja,

Fungsi dari Fasilitator sebagai

  • Pembimbing
  • Inovator 
  • Inisiator 
  • Dinamisator: menggerakkan, mendorong dan memotivasi 
  • Komunikator  
  • Konselor

Fasilitator adalah orang-orang yang sudah dilatih dan memahami Forum Anak termasuk juga Konvensi Hak Anak, UUPA, Konsep Partisipasi Anak dan sebagainya. Fasilitator Forum Anak tidak boleh lebih eksis dibandingkan oleh Pengurus Forum Anak, jadi harus mengutamakan kepentingan yang terbaik bagi anak yah.

Contoh Penerapannya,

Di sebuah daerah, sudah dilakukan pembentukan forum anak tingkat kecamatan oleh pemerintah kabupaten/kota. namun ternyata setelah dibentuk malah tidak ada tindak lanjutnya, nah Fasilitator harus sebagai inisator dengan cara masuk ke dalam forum anak tersebut. Selanjutnya melakukan pendampingan forum anak agar pengurus forum anak menjadi aktif, lalu memberikan motivasi, mendorong dan menggerakan forum anak untuk bisa melakukan kegiatan.

Jika Forum Anak sudah mulai ada kegiatan, selanjutnya fasilitator harus menjalankan fungsinya sebagai komunikator, yaitu orang yang menyampaikan pesan atau informasi. jadi, pertama memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan sopan, lalu sampaikanlah kepada pemerintah (sesuai tingkat) bahwa forum anak yang telah dibentuk sebelumnya saat ini sudah memiliki kegiatan dan anak-anaknya juga sudah aktif. 

Selain itu Fasilitator Forum Anak juga perlu mengingatkan dan berdiskusi bersama dengan pembina forum anak terkait tentang pengembangan forum anak yang bersumber dari BUKU Pedoman ataupun materi yang disampaikan oleh Kemenpppa, sehingga pembina forum anak dan fasilitator bisa bersama-sama mendorong agar forum anak bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Fasilitator harus juga bisa berinovasi atau menjadi inovator misalnya menjelaskan materi forum anak dengan cara mendongeng, atau menggunakan alat-alat yang ada disekitar kita, jadi tidak kehabisan ide dikondisi apapun :)

Yang terpenting adalah Fungsi sebagai Konselor, Fasiliator harus bisa dan mau dengan rasa senang hati mendengarkan pendapat atau pandangan anak (curhatan anak) serta memberikannya saran-saran dan pengetahuan baru kepada anak-anak forum. 

Fasilitator menjadi penghubung komunikasi anak-anak dengan orang dewasa, selain disatu sisi fasilitator harus mau mendengarkan curhatan anggota forum anak, ia juga harus menyampaikan apa-apa yang perlu disampaikan kepada orang dewasa dengan maksud dan tujuan kepentingan yang terbaik bagi anak.

Sekian
Semoga bermanfaat,
 

Bagi kalian semua yang juga Fasilitator Forum Anak
bisa bergabung dalam grup line yah.

Salam Anak Indonesia.



 

Source :
Kiriman Lainnya